Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 22 Mei 2013

Sumba Terima Bantuan Rp 9,7 Triliun dari ADB

Asian Development Bank (ADB) mendukung Pulai Sumba sebagai The Iconic Island. Tak tanggung-tanggung ADB rela mengocek dana sebesar 1 Juta USD (Rp 9,762.triliun) sebagai bentuk dukung teknis peningkatan akses energi terbarukan agar sumba sepenuhnya menggunakan energy terbarukan.


»Pulau Sumba adalah contoh yang tepat untuk melihat perkembangan energi terbarukan yang sejalan dengan pembangunan,” ujar Pradeep Tharakan, Climate Change Specialist pada ADB Indonesia Resident Mission dalam rilis yang diterima Tempo Selasa, 21 Mei 2013. 

Inisiatif The Iconic Island sebelumnya telah mendapat dukungan dari berbagai pihak sejak penanda-tanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara pemerintah daerah, pemerintah provinsi, pemerintah pusat, PLN, dan Hivos pada 2011. 

Dalam pertemuan tersebut, para ahli dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, pemerintah daerah dan provinsi, Perusahaan Listrik Negara (PLN), Hivos dan berbagai institusi lain menyampaikan program dan aktivitasnya kepada ADB. Pertemuan ini juga membahas arah bagi program ke depannya untuk memastikan bahwa kolaborasi baru ini mendukung kegiatan yang telah dijalankan dan sepenuhnya diarahkan pada pencapaian 100 persen penggunaan energi terbarukan di Sumba. 

»Dukungan ADB merupakan pencapaian penting bagi upaya terus-menerus berbagai pihak yang telah mencapai kemajuan, Kami harap proyek yang dihasilkan dapat berkelanjutan secara komersil, sehingga menjadikan Sumba daerah percontohan bagi upaya serupa di kawasan lain di Indonesia dan lebih luas lagi,” ujar Dadan Kusdiana, Direktur Bioenergi Kementerian ESDM ADB, yang berkedudukan di Manila, bertekad untuk mengentaskan kemiskinan di kawasan Asia dan Pasifik melalui pertumbuhan ekonomi yang inklusif, berkelanjutan secara regiona, dan terintegrasi secara regional. Berdiri pada 1966, ADB dimiliki oleh 67 negara, 48 di antaranya dari kawasan Asia-Pasifik
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD