Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 20 Mei 2013

PLIK Di Pulau Sumba Diterlantarkan Lintasarta

Sejumlah pengelola dan operator PLIK (Pelayanan Internet Kecamatan) di Pulau Sumba, Propinsi Nusa Tenggara Timur mengeluh karna merasa diterlantarkan. Program Internet Kecamatan dari kememetrian informasi dan komunikasi ini (KEMKOMINFO) dan PT Aplikanusa Lintasarta pemenang tender Untuk wilayah : Bali NTB NTT - Kalimantan- Maluku Malut Irjabar Papua  ini menurut para pengelola dan operator tidak dijalankan sesuai perjanjian yang sudah ada.

Paulina Magi pengelola PLIK Wewewa Timur mengeluhkan sudah sebulan ini tidak dapat mengakses internet karena tidak adanya koneksi. Menurut Paulina dirinya sudah mencoba berkomunikasi dengan pihak PT Wira Eka Bakti (WEB) di Jakarta sebagai anak perusahaan PT Lintasarta via telepon namun hanya janji saja yang didapatkan .
"setiap kali saya telepon kata petugas PT WEB nanti kami akan tangani persoalannya tapi sampai sekarang tidak ada realisasi kami bingung harus mengeluh kemana lagi" Ujar Paulina.

Paulina juga menagih janji dari pihak PT WEB bahwa akan menempatkan teknisi di pulau sumba tapi sampai hari ini tidak ada satupun teknisi yang ditempatkan di Sumba. "Sudah sejak tiga tahun lalu katanya akan ada teknisi di Sumba tapi sampai sekarang tidak ada sedangkan di pulau Timor dan pulau Flores sudah ada teknisi" keluhnya

Sementara itu pengelola PLIK Loura, Edon Watu  mengeluhkan hal yang sama, PLIK-nya bahkan sudah lebih dari delapan bulan tidak mendapatkan koneksi Internet dari PT Lintasarta,hal tersebut juga sudah dilaporkan namun tidak ada realiasasi. " Kami sudah berkali-kali menghubungi pihak PT WEB namun sepertinya tidak ada tanggapan serius" kata edon.

Edon juga mengungkapkan bahwa subsidi yang ada dalam perjanjian sudah tidak diterimanya hingga saat ini dan di tahan PT WEB dengan alasan tidak beroperasi 8 jam per hari padahal menurutnya ini bukan kesalahan pengelola karena persoalan teknis dan subsidi itu anggaran negara untuk perawatan yang diambil dari APBN. "menurut penjanjian yang ditandatangani, ada subsidi pemerintah untuk setiap PLIK, tapi kami semua di pulau Sumba sudah dua tahun ini tidak mendapat subsidi itu lagi, alasannya tidak menyala selama 8 jam padahalkan kami sudah melaporkan, mereka saja yang tidak cepat menangani" ungkapnya

Edon berharap baik pihak PT WEB, PT Aplikanusa Lintasarta maupun Kemkominfo bisa segera mengatasi persoalan di program PLIK di Pulau Sumba."Karna tidak ada koneksi ya PLIK, saya tidur manis menunggu teknisi"katanya.

Hal senada juga di keluhkan Alfredo dari PLIK Wewewa Utara dan Umbu dari Sumba Tengah yang dijanjikan PT Web akan memperbaiki perangkat di PLIK-nya yang rusak namun sudah lebih dari setahun tidak satupun teknisi yang mampir ke tempatnya.

Beberapa PLIK yang dipantau Moripanet Online bahkan sudah tidak lagi memasang papan nama PLIK karena tidak ada koneksi Internet atau perangkatnya yang rusak.(snd)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD