Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 26 Mei 2013

Penyuluhan Keamanan Pangan di Waibakul

Bertempat di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Tengah, Selasa, 21 Mei 2013, diselenggarakan Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP) dalam rangka Sertifikasi Produk Pangan Industri Rumah Tangga (SPP IRT). Kegiatan dibuka oleh Bapak Andreas Fa, Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit, Penyehatan Lingkungan, dan Promosi Kesehatan mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Tengah. 
 Dalam sambutannya, Bapak Andreas menekankan pentingnya kegiatan ini, khususnya untuk para pelaku usaha industri rumah tangga pangan agar makanan dan minuman yang diolah memenuhi standar Cara Produksi Pangan yang Baik untuk Industri Rumah Tangga (CPPB-IRT). Beliau juga menghimbau agar pelaku usaha mendaftarkan produk makanan dan minumannya untuk mendapatkan nomor registrasi P-IRT pada dinas kesehatan setempat sehingga konsumen merasa aman dalam mengonsumsi produk yang dipasarkan.

Bertindak sebagai narasumber staf Seksi Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen Balai POM di Kupang (Mahyuddin, S.Farm., Apt. dan Rosa Endang Setiyaati, S.Farm., Apt.). Kegiatan ini dihadiri oleh 40 orang peserta dari pelaku usaha IRTP dan mereka sangat antusias mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir. Mereka mengajukan banyak pertanyaan, di antaranya mengenai apakah bleng/boraks boleh ditambahkan ke dalam pangan; kapur sirih yang biasanya digunakan sebagai perenyah makanan apakah mempunyai efek samping jika digunakan secara berlebihan; dan bagaimana memilih pewarna yang baik untuk pangan.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para pelaku usaha dapat menerapkan CPPB-IRT sehingga dihasilkan produk pangan yang aman dan bermutu. Setelah mendapat sertifikat penyuluhan keamanan pangan (PKP) segera ditindaklanjuti dengan permohonan dalam rangka pendaftaran produk pangan. Selanjutnya, dilakukan audit sarana IRTP dan pengujian produk di laboratorium terakreditasi.



Sumber : http://www.pom.go.id
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD