Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 26 Mei 2013

Di Balik Savana Sumba

Ternak-ternak yang akan dikirim keluar Pulau Sumba
Alam Sumba yang memiliki bentang berupa bukit-bukit savana dengan luas berhektar-hektar menjadi pendukung utama dalam sistem ternak khas Sumba, yakni sistem ternak bebas.


Sapi di dataran Sumba terkenal memiliki sifat yang sangat agresif, mereka hidup berkelompok di bukit-bukit savana untuk mencari makanan rumput kering. Makanya aktivitas pengangkutan hewan menjadi pemandangan yang seru untuk disaksikan. Ada ratusan sapi yang akan dikirim melalui dermaga di kota Waingapu.

Banyaknya jumlah ternak yang ada di Pulau Sumba membuat masyarakat sekitar memanfaatkannya sebagai sumber biogas. Semakin rentanya bumi, sumber energi alternatif merupakan pilihan bagi warga terpencil. Biogas dihasilkan dari proses fermentasi kotoran hewan dan bahan organik lainnya yang berubah menjadi gas metana yang mudah terbakar. Sementara limbah biogas yang sudah tak terpakai bisa dijadikan pupuk organik bagi tanaman.

Masih ada lagi yang menarik dari Pulau Sumba, yaitu hewan endemik berupa Nuri Bayan. Sayangnya, penjerat dan perambah hutan menjadi ancaman bagi populasi burung cantik ini.
Sumber: detik
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD