Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 26 Mei 2013

Delapan Pantai Eksotik di Sumba Barat

Pantai di Sumba Barat, nyaris semuanya berpasir putih dengan gemerlap laut biru terpanggang matahari tropis. Sebagian besar masih perawan, dilingkupi kesunyian dan terasa jauh dari sentuhan. 
 
Sayangnya sebagian besarnya juga sulit diakses, hanya tersedia jalan-jalan sempit yang hanya bisa dilewati kendaraan-kendaraan off road, atau malah lebih bagus lagi dengan kendaraan roda dua yang bisa bergerak lincah. Tapi bagi para petualang sejati tentu tak masalah karena kerepotan Anda bakal terbayar lunas dengan hamparan keindahan dan ketenangan yang terasa liar dan memabukkan. 
 
Surga bagi pencari ketenangan dan kedamaian batin. Berikut ini beberapa dari sekian pantai yang ada di Sumba Barat
Beach going
 
Mambang
Pantai ini terletak di Kecamatan Lamboya Barat, sekitar 50 km di sebelah selatan Waikabubak. Bibir pantainya cukup panjang, membentang sepanjang tepian Samudra Indonesia dengan hamparan pasir putih yang berkilau cemerlang. Beberapa bongkahan karang raksasa menghiasi pantai ini. Airnya tenang dan sangat jernih, cocok bagi mereka yang suka menyelam. Lingkungan sekelilingnya juga masih sangat asli. Padang pengembalaan, lembah-lembah liar dan kampung tradisional yang mengintip dari balik puncak bukit memberi kesan yang agak misterius, seolah melambai menggoda untuk ditemukan para petualang sejati.
Beach going
Lai Liang
Dari Waikabubak pantai ini bisa diakses melalui dua jalur. Pertama lewat Kecamatan Wanokaka, wilayah tempat pantai ini berada. Jarak yang lebih pendek bisa ditempuh melalui kecamatan Loli. Walau bibir pantainya tak seberapa panjang Lai Liang tergolong pantai yang cantik dan berkarakter. Air yang berwarna biru kehijauan, tebing karang yang mengapit ke dua sisi pantai, serta rimbunya pepohonan di sekitar membuat La Liang sungguh layak di kunjungi. Pantai ini menjadi salah satu setting iklan djarum super
Beach going
Teitena
Letak pantai ini tidak jauh dari Lai Liang, sekitar 2km di selatannya.
Menurut legenda Pasola di pantai ini lah Ubu Dulla dan saudarasaudaranya terdampar sewaktu pulang dari Muhu Karera. Pantai Tei Tena merupakan lokasi pelaksanaan tradisi tinju tradisional (pajura) yang diselenggarakan dua hari sebelum Pasola.

Rua
Ada pula pantai Rua yang terletak di Kecamatan Wanokaka. Karena jaraknya yang relatif dekat dengan ibu Kota Waikabubak (27km) serta standar jalan yang lumayan bagus, maka di setiap hari libur pantai ini lah yang menjadi alternatif utama para wisatawan lokal yang ingin melepas penat sambil berenang, memancing dan berjemur matahari.
Beach going
Marosi & Hobba Kalla
Marosi terletak di kecamatan Lamboya, sekitar 32 km dari waikabubak. Bisa dibilang pantai ini merupakan salah satu pantai tercantik di Sumba Barat. Sebongkah atol besar membelah pantai menjadi dua bagian yang sama menawannya. Airnya sejernih kristal, dan nyaris semua orang yang pernah berkunjung ke pantai ini terkesan dengan pasirnya yang berbulir besar yang seolah hendak menelan kaki Anda saat dipijak. Marosi merupakan salah satu dari sedikit pantai di Sumba Barat yang agak mudak diakses, dekat dengan arena Pasola Lamboya (Hobba Kalla) serta sejumlah perkampungan tradisional.

Kerewe
Di Sumba Barat juga terdapat sebuah danau cantik bernama danau moranni yang terletak di desa Praibakul, sekitar 7 km di sebelah selatan Waikabubak. Danau kecil ini dikelilingi panorama alam nan cantik berupa hutan dan perbukitan, sangat representatif bagi mereka-mereka yang menginginkan udara segar sambil bersantai atau memancing, dilingkupi keheningan dan kedamaian.
Beach going
Pantai Wanokaka
pantai ini merupakan tempat pelaksanaan upacara Nyale dan Pasola Pantai. Pemandangannya lumayan menarik, jaraknya pun tak jauh dari ibu kota, hanya sekitarr 20 menit berkendaraan, tepatnya di sebuah desa nelayan kecil yang menyediakan tangkapan ikan segar.
Beach going
Katobo
Di Sumba Barat juga terdapat sebuah danau cantik bernama danau moranni yang terletak di desa Praibakul, sekitar 7 km di sebelah selatan Waikabubak. Danau kecil ini dikelilingi panorama alam nan cantik berupa hutan dan perbukitan, sangat representatif bagi mereka-mereka yang menginginkan udara segar sambil bersantai atau memancing, dilingkupi keheningan dan kedamaian.
Beach going 
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD