Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 05 April 2013

PLTMH Laputi Sumba Timur Beroperasi

Bupati Sumba Timur, Gidion Mbilijora dan General Manager PLN Wilayah NTT, Richard Safkaur, menekan tombol meresmikan PLTMH Laputi daya mampu 32 KW di Desa Praingkareha, Kecamatan Tabundung
Waingapu - Masyarakat empat desa di Kecamatan Tabundung, Kabupaten Sumba Timur, akhirnya bisa menikmati listrik sepanjang hari atau 24 jam, yakni, Desa Karita, Desa Billa, Desa Wudi Pandak dan Desa Praingkareha. Ratusan rumah di wilayah yang   berjarak sekitar 160 kilometer arah selatan Kota Waingapu, ibukota Kabupaten Sumba Timur ini,  memulai era baru, menikmati listrik dari kekayaan alamnya sendiri.

Layanan listrik 24 jam menjadi kenyataan bersamaan dengan diresmikannya Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PLTMS) Laputi oleh Bupati Sumba Timur, Gidion Mbilijora dan General Manager PLN Wilayah Nusa Tenggara Timur, Richard Safkaur, pada Rabu, 2 April 2013. Hadir pula Wakil Bupati Sumba Timur, Wakil Ketua DPRD Sumba Timur, Camat Tabundung, Manajer PLN Area Sumba, Ibu Tige B. Kale dan Manajer PLN Area Sumba Timur, Andreas Djuku Mehang.

General Manager (GM) PLN Wilayah NTT, Richard Safkaur, meminta segenap masyarakat Kecamatan Tabundung, agar merawat, menjaga dan memelihara PLTMH Laputi sebagai aset bersama, khususnya warga empat desa yang berdekatan dengan lokasi PLTMH Laputi. Hutan dijaga agar bisa menahan air, sehingga bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan listrik, bahkan terus dilakukan penanaman baru pohon-pohon.

Turbin dan generator listrik yang terpasang saat ini, lanjut Safkaur, bisa diganti dengan kapasitas lebih besar, bila debit air terus meningkat. “Saya optimis, daya listrik yang sudah bisa dinikmati ini akan bisa ditingkatkan lagi, sehingga lebih banyak lagi rumah tangga yang bisa mendapat layanan listrik,” kata GM asal Sorong-Papua Barat ini.

Safkaur juga mengajak seluruh warga Kabupaten Sumba Timur agar bersama-sama mewujudkan tekad menjadikan Pulau Sumba sebagai satu-satunya pulau di Indonesia yang infrastruktur listriknya seratus persen memanfaatkan sumber energy baru terbarukan.  “Kita ganti semua pembangkit listrik yang menggunakan solar dengan energy dari air, sinar matahari dan angin,” kata Safkaur.

Hal senada disampaikan Bupati Sumba Timur,  Gidion Mbilijora, yang mengatakan, Tuhan telah mengaruniakan kekayaan alam yang luar biasa di Sumba Timur yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik. Mbilijora meminta kepada semua camat, kepala desa, dan tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh adat, menyampaikan kepada pemerintah atau lewat PLN, bila mengetahui sumber-sumber air yang berpotensi menghasilkan listrik.

“Informasi lokasi-lokasi sumber air, bisa disurvei oleh petugas PLN, kemudian bisa membangunnya menjadi PLTMH yang berguna bagi masyarakat. Atau jika ada pihak swasta yang tertarik untuk berinvestasi di bidang energi listrik, Pemda Sumba Timur berkomitmen untuk membantu memfasilitasinya, misalnya dalam hal penyediaan lahan,” kata Mbilijora.

Manager PLN Area Sumba, Ibu Tige B. Kale, menjelaskan, PLTMH Laputi berlokasi di Desa Praingkareha, Kecamatan Tabundung. PLTMH ini semula dibangun oleh Departemen Pertambangan dan Energi Provinsi NTT tahun 1999 dengan kapasitas 15 kilo watt (KW).  Kemudian mengalami kerusakan dan tidak lagi berfungsi sejak tahun 2002.

Setelah diserahkan pengelolaannya kepada PLN, lanjut Tige, sejak tahun 2012, PLN mulai memperbaiki bagian-bagian yang rusak dan mengganti dengan yang baru sejumlah komponen yang tidak bisa diperbaiki lagi. Kapasitas turbin ditingkatkan menjadi 40 KW daya terpasang   yang mampu menghasilkan listrik sebesar 32 KW.

Sementara itu, Manajer PLN Rayon Sumba Timur, Andreas Djuku Mehang menjelaskan, sebelum beroperasinya PLTMH Laputi, Kecamatan Tabundung memiliki 10 desa, baru dua desa dilayani listrik berjaringan dengan nyala 12 jam, sisanya delapan desa menggunakan lampu penerangan SEHEN.  Total pelanggan berjaringan yang masih menggunakan PLTD sebesar 315 pelanggan, pelanggan Sehen sebanyak 573 pelanggan.

Sumber : NTT Online
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD