Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 22 Maret 2013

Warga Sumba Kecewa tidak dilibatkan di Malam Budaya 'Beri Daku Sumba'

Jakarta - Perhelatan Malam Budaya Rakyat Merdeka yang digelar di Istana Ballroom Hotel Sari Pan Pacific Jakarta Rabu (20/03/2013) malam mengambil tema 'Beri Daku Sumba'  karya sastrawan Taufiq Ismail.

Acara yang digelar di Istana Ballroom Hotel Sari Pan Pacific Jakarta ini juga menghadirkan puluhan foto tentang kehidupan masyarakat Sumba, Nusa Tenggara Timur dan kain tenun Sumba yang tersohor.

Sayangnya acara ini tidak menampilkan atraksi seni dari pulau sandlewood itu sehingga terkesan Sumba hanya dijadikan "brand" tanpa menampilkan. Menurut salah satu penggiat seni budaya Sumba di Jakarta Michael Umbu Zaza , Tarian Sumba selalu siap di Jakarta di bawah Naungan Sanggar Flobamora Jakarta tetapi panitia justru tdak siap. "Kataga dan Beberapa Tarian Sumba selalu siap di Jakarta di bawah Naungan Sanggar Flobamora Jakarta, Panitianya saja yang gak siap dari jauh-jauh hari , H minus 1 baru kami dihubungi panitia"  Ungkap Umbu di group jejaring sosial Sumba Barat Daya.

Umbu juga menyayangkan warga Sumba  tidak dilibatkan dalam kepanitiaan karena tematik acara ini tentang Sumba." Katanya tidak ada orang sumba di kepanitiaan ini , Kok bisa acara Tentang Sumba tapi tidak ada satupun panitia di dalamnya? dan kalau ada masa dia tidak tahu bahwa selalu ada Sanggar yg siap selalu menarikan tarian-taria Sumba di Jakarta" kata Umbu

Senada dengan Umbu, anggota group FB SBD lainnya Yosef Djakababa mengungkapkan acara Malam Budaya Rakyat Merdeka hanya menjadikan Sumba bungkusan saja. "Menurut hemat saya acara ini hanya menjadikan Sumba bungkusan saja, bukan benar-benar ingin memperkenalkan Sumba dan budayanya" ujar Yosef.


Di dalam acara ini juga dianugerahkan penghargaan kepada tokoh-tokoh nasional yang berkontribusi di bidangnya masing-masing, seperti pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra, olahragawan Sabar Gorky, maupun Ketua MPR Taufiq Kiemas.

Turut hadir Ketua Umum Citra Tenun Indonesia Okke Rajasa, istri Menkoperekonomian Hatta  Rajasa, untuk memberikan orasi budaya.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD