Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 11 Januari 2013

Ternak Sapi di Sumba Mati Karena Keracunan

Yunus Wulang, Kadis Peternakan Sumba Timur
Waingapu - Lima ekor ternak sapi milik warga Desa Kambata Tana, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, diidentifikasi mati karena keracunan obat-obatan.

 

Hal ini disebabkan pencemaran air di lokasi  padang penggembalaan dari sampah medik yang dibuang di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) belum lama ini.

Kepala Dinas Peternakan Sumba Timur, Ir. Yunus D Wulang, mengatakan itu kepada Pos-Kupang.Com di Waingapu, Selasa (8/1/2013). Ia menjelaskan, sekitar sebulan lalu ada  pemusnahan obat-obatan yang dilakukan di lokasi TPA.

Lokasi TPA berada di sekitar kawasan penggembalaan ternak warga Desa Kambata Tana, Kecamatan Pandawai.

"Kemarin kami turun ke lokasi, ternyata lubang itu sudah digali kembali sehingga terjadi genangan air," kata Yunus.

Hasil identifikasi di lapangan, lanjut Yunus, diduga kuat kematian sejumlah ternak milik warga disebabkan keracunna obat-obatan yang dibuang di lokasi itu. Hal itu terlihat dari genangan air pada lubang pemusnahan obat-obatan yang sempat dikonsumsi ternak.

"Memang kami tidak sampai melakukan pembedahan, tapi melihat  kenyataan di lapangan, kami yakin betul ternak itu mati keracunan obat-obatan," katanya.

Menurut dia, sejauh ini Pemerintah Kabupaten Sumba Timur melalui instansi terkait mengimbau warga mengawasi ternak mereka agar tidak mendekati lokasi TPA.

Hal ini bertujuan menghindari kematian ternak mereka akibat keracunan obat-obatan di padang penggembalaan. Sebab, kawasan padang penggembalaan ternak di sekitar lokasi TPA saat ini diduga sudah tercemar sampah medik.

"Kemarin waktu pantau di lokasi TPA, sempat mengimbau masyarakat menjaga hewan mereka agar jangan sampai minum air yang tergenang di sekitar lokasi TPA yang sudah tercemar sampah medik itu," kata Yunus.

Yunus menjelaskan, lokasi TPA  tempat pemusnahan obat-obatan itu berada di ketinggian. "Bukan tidak mungkin limbah dari sampah medik itu  terbawa saat air mengalir dari atas ketinggian ke dataran rendah," ujarnya.



Sumber : Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD