Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 11 Januari 2013

Pelabuhan Waikelo Tambolaka Akan Diperbaiki

Pelabuhan Waikelo
TAMBOLAKA - Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan,  Sudirman Lambali, mengatakan jembatan Pelabuhan Waikelo yang rusak diterjang gelombang laut beberapa waktu lalu akan diperbaiki karena dibutuhkan masyarakat. Sebelum diperbaiki, tim dari Institut Teknologi Surabaya (ITS) akan melakukan audit.

 

"Rehab hanya jembatannya. Dalam Januari-Februari ini tim teknis dari ITS akan datang audit. Dari situ kita tahu berapa anggaran dan bagian mana yang dikerjakan mana yang tidak," kata Lambali saat bertemu Bupati Sumba Barat Daya, dr. Kornelius Kodi Mete, Rabu (9/1/2013) siang.

Kodi Mete didampingi Wabup SBD, Jacob Malo Bulu dan Sekda SBD, Umbu Saza. Turut hadir pimpinan PT Bumi Indah, Melkianus Lubalu ,dan Kadis Perhubungan Komunikasi dan Informasi, Yohanes Tende. Menurut Lambali, setelah ada hasil audit, pihaknya akan mendorong agar dalam perubahan APBN 2013 diakomodir anggaran untuk perbaikan pelabuhan Waikelo. "Anggaran 2013 sudah selesai dibahas. Kalau sudah selesai audit, nanti kita dorong pada APBN perubahan dan APBN 2014," katanya.

Bupati SBD, Kornelius Kodi Mete mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan yang memberi perhatian kepada SBD.

Kodi Mete mengatakan, pelabuhan Waikelo sangat urget bagi masyarakat. Melalui pelabuhan itu, masyarakat bisa bepergian ke arah barat (Sape, Bima) dan ke arah timur, termasuk Flores. Komoditi pertanian dan perkebunan, diantaranya pisang, juga dapat diantarpulaukan.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengharapkan agar Kementerian Perhubungan menghidupkan kembali pelayaran kapal feri dengan rute Aimere-Waikelo.

"Ada keluhan masyarakat termasuk juga pengusaha yang dari Flores agak kesulitan ke bagian barat Sumba karena tidak ada kapal feri. Jadi, kami minta agar ada feri dengan rute Aimere-Waikelo seperti yang sudah ada sebelumnya. Karena Flores dan Sumba saling menopang, sama-sama membutuhkan. Akan menjadi hemat dan dinikmati untuk kesejahteraan rakyat," katanya.

Kodi Mete juga meminnta dibangun terminal bus. Menurutnya, selama ini terminal bus tidak jelas. Turun dari kapal feri bus parkir sembarang tempat. Hal seperti ini banyak dampaknya. "Kalau ada terminal, bus dari dan ke Sape (Bima), Waikabubak (Sumba Barat) dan Waingapu (Sumba Timur) lebih teratur," ujar Kodi Mete.

Menanggapi permintaan Bupati SBD, Lambali mengatakan akan berupaya menambah satu kapal feri untuk melayani rute Aimere-Waikelo. Mengenai terminal bus, Lambali meminta pemda menyiapkan lahan untuk dijadikan lokasi terminal serta membuat desain terminal. "Kalau lokasinya sudah ada dan desainnya sudah dibuat, akan lebih cepat prosesnya," kata Lambali.

Sebelum bertemu Bupati, Lambali bersama beberapa stafnya didampingi pimpinan PT Bumi Indah, Melkianus Lubalu, dan Kadis Perhubungan Komunikasi dan Informasi, Yohanes Tende meninjau Pelabuhan Waikelo.




Sumber : Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD