Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 20 Januari 2013

Makanan Yang Disajikan Setahun Sekali Di Sumba

Sambal Nyale
Bagi yang pernah berkunjung ke pulau Sumba khususnya Sumba Barat dan Sumba Barat Daya pasti kesulitan mencari kuliner khas yang bisa dinikmati di rumah makan.


Jangan salah, Sumba juga kaya akan kuliner lokal sebut saja ro’o lua, ro’o pakoda yang bahan dasarnya dari daun singkong ada juga lua pa okula yang bahan dasarnya dari singkong, Ngga’a Watara yang berbahan dasar beras dan jagung,  Ka’pu Pantunnu dari Jatung pisang  serta ru’u/kaparak yang bahan dasarnya dari kelapa. hanya saja makanan khas ini masih menjadi konsumsi rumah tangga dan belum di jual di rumah makan apalagi kebanyakan pengusaha rumah makan bukan berasal dari sumba.

Menjelang atraksi budaya PASOLA yang selalu digelar di bulan Februari dan Maret di Sumba Barat Daya dan Sumba Barat anda akan menemukan satu lagi kuliner khas Sumba Sambal Nyale/Bokosawu Nyale dan Sayur Nyale yang hanya bisa anda nikmati setahun sekali.

mengapa setahun sekali? karena bahan dasar kuliner ini juga hanya bisa diperoleh setahun sekali yaitu NYALE. Kuliner yang satu ini memang unik karena seperti menyantap cacing karena Nyale adalah sejenis cacing laut yang hanya muncul setahun sekali.

Proses pembuatan sambal Nyale pun tergolong mudah, Nyale mentah hanya dicampur dengan daun kemangi dan  jeruk perut yang di peras aunya. Bagi yang belum terbiasa memang akan terasa aneh dengan rasanya tapi kalau disantap terus akan semakin sedap. Nyale terasa kenyal dan gurih, serta tidak berbau amis karena aroma wangi kemangi.

untuk anda yang masih belum siap menyantap nyale mentah jangan kuatir karena Nyale masih bisa digoreng atau biasa disebut Nyale Pa’dongngo biasanya jika digoreng akan dicampur dengan kelapa parut, bawang merah, bawang putih, jahe, daun kemangi, dan cabai.

Mau mencoba? jangan lewatkan saat anda menyaksikan Pasola 2013 di Pulau Sandlewood. (snd)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD