Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 18 Januari 2013

Ketua Bawaslu: Bupati Sumba Barat Tidak Paham Aturan

Kupang - Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Propinsi NTT, Nelce R.P Ringu menilai penolakan Bupati Sumba Barat, Jubilate Pandango terhadap kehadiran panitia pengawas pemilu (Panwaslu) kabupaten sebagi bentuk tidak pahamnya bupati terhadap aturan perundang-undangan tentang penyelengara pemilu.

 

Penilaian ini disampaikan ketika Pos Kupang mengkonfirmasi terkait penolakan yang dilakukan Bupati Sumbar, Jubilate Pandango, Selasa (15/1/2013).

Menurutnya, alasan penolakan bupati itu sangat aneh dan tidak masuk akal lantaran anggota panwaslu yang telah dilantik itu telah melalui proses perekrutan dan seleksi yang ketat.

"Dengan penolakan ini, saya melihat ini karena kurang pahamnya aturan oleh pak bupati. Beliau kurang paham tentang undang-undang penyelenggaraan pemilu. Seandainya beliau sempat tahu, sempat baca UU saya yakin tidak akan seperti ini. Tapi kita tidak akan terpengaruh siapapun dia termasuk bupati karena memang ini amanat undang-undang, kami independen," tegas Ringu sambil menambahkan bahwa keberadaan Bawaslu itu sama seperti lembaga lainnya seperti KPK, KPU, KY dan lainnya.

Menurutnya, penolakan terhadap anggota panwaslu bukan dari Kabupaten Sumba Barat namun ada beberapa kabupaten lainnnya hanya saja penolakan mereka lebih halus.

"Proses penetapan Panwas kabupaten atau kota ini melewati suatu proses panjang dan ketat sesuai dengan perintah undang- undang. dan dari awal hingga akhir proses, selalu dibuka kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan dan keberatan tetapi ternyata kuhus untuk sumba barat tanggapannya itu sudah pernah ada baik dari bupati, masyarakat dan sinode, tidak pernah ada sampai akhirnya kami lantik. setelah dilantik baru ada keberatan, nah ini saya pikir waktunya sudah lewat," katanya.



Sumber : Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD