Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 14 Januari 2013

Polemik Gedung KPUD Sumtim: Belum 100 Persen Selesai, Telah di PHO?

Waingapu - Proyek pembangunan gedung Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT disinyalir bermasalah. Pasalnya hingga kini, gedung yang didanai APBN 2012 senilai lebih dari 2 (dua) milliard rupiah itu belum juga selesai pengerjaannya.

 

Berdasarkan informasi dari sumber terpercaya yang enggan indetitasnya diekspos menjelaskan proyek ini telah di Provisional Hand Over (PHO) walau belum selesai pekerjaannya. Informasi itu makin diperkuat saat wartawan menemui salah satu panitia tender yang enggan untuk menandatangani berita acara PHO.

“Saya memang tidak mau tandatangan karena takut akan beresiko hukum, apalagi memang pekerjaan proyek itu belum selesai, padahal masa kontraknya telah habis tanggal 15 Desember 2012 lalu,” ujar oknum panitia yang enggan dipubikasikan nama juga diambil fotonya itu.

Seperti terpantau Senin (07/01) lalu, indikasi proyek ini bermasalah kian kuat karena selain tidak adanya papan proyek, juga aktifitas pekerjaan masih terus berlangsung walau telah memasuki tahun 2013. Atau telah lewat masa kontraknya. ”Biasanya proyek-proyek besar harus ada papan proyeknya, tapi saya juga tidak tahu kenapa yang ini tidak ada,” jelas Alex Saputera, salah satu pekerja plafon di proyek ini.

Ika Ranggamone, selaku ketua panitia tender enggan untuk memberi keterangan lebih jauh, dan mengarahkan wartawan untuk mengkonfirmasi melalui Kabag. Humas Setda Sumtim atau langsung ke Sekretaris KPUD. ”Yang pasti belum di PHO tapi hanya dibuatkan berita acara pemeriksaan saja,” timpalnya.

Sementara Andreas Nola Pali, selaku Kabag. Humas Setda Sumba Timur, ketika ditemui wartawan menjelaskan, pekerjaan proyek ini telah sesuai dengan mekanisme. “Saya sudah konfirmasi ke sekretaris KPUD, dan beliau katakana bahwa, sesuai kontrak pekerjaan proyek ini berakhir tanggal 15 Januari 2013, jadi belum di PHO kan, itu saja yang bisa saya sampaikan,” tandasnya seraya menambhakan pihaknya tidak lagi menanyakan perihal ketiadaan papan proyek di lokasi proyek pembangunan gedung KPUD itu.

Sekretaris KPUD setempat, Melkianus Patimara ketika hendak ditemui tidak berada di tempat tugasnya. Namun ketika dihubungi via short message service (sms), Melki menjawab bahwa proyek ini sesuai kontraknya mestinya telah berakhir tanggal 28 Desember 2012 lalu, namun kenyataannya belum selesai sehingga sesuai ketentuan yang berlaku dapat diperpanjang 50 hari.

Informasi lainnya yang berhasil dirangkum di Waingapu menyebutkan bahwa, sudah menjadi modus setiap proyek yang didanai APBN maupun APBD I (Provinsi) terlambat, namun acapkali diabaikan dan dianggap seratus persen. Hal itu dilakukan guna menjaga agar dana yang telah dikucurkan tidak kembali ke kas Negara atau Provinsi



Sumber: Waingapu .com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD