Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 29 Desember 2012

Terdawa Kasus Suap Dituntut Dua Tahun

TERDAKWA kasus suap dalam kaitan dengan proyek yang dibiayai Dana Alokasi Khusus (DAK) pada Dinas PPO  Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) Tahun Anggaran 2010, Vitalis Diaz dituntut dua tahun penjara oleh jaksa penuntut umum (JPU). Vitalis didakwa menerima suap Rp 239,400 juta dari tiga kontraktor yang mengerjakan proyek DAK senilai Rp 8,4 miliar.

 

Selain tuntutan pidana penjara, Vitalis juga dituntut membayar denda Rp 50 juta subsider satu bulan penjara. Tuntutan tersebut dibacakan JPU dalam sidang di Pengadikan Tipikor Kupang, pekan lalu.
Menurut JPU M Andzir Diah, terdakwa terbukti melanggar Pasal 5  ayat (2) Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001, jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

Terdakwa Vitalis terseret kasus korupsi DAK dalam kapasitasnya sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas PPO Kabupaten Sumba Barat Daya.

Vitalis Diaz diduga telah menerima dana Rp 239,400 juta dari tiga CV rekanan di SBD yang menjadi rekanan dalam proyek DAK tersebut, yakni CV Kharisma yang menangani proyek pengadaan buku referensi dan buku panduan pendidikan untuk SD senilai Rp 4,015 miliar; CV Cipta Pusaka yang mengerjakan proyek pengadaan buku perpustakaan SMP senilai Rp 2,093 miliar,  dan CV Visi Nusa Utama yang melakukan pekerjaan pengadaan alat peraga IPA senilai Rp 2,317 miliar.

Vitalis menerima dana dari kontraktor dalam bentuk cek, dan sebagian ditransfer ke rekening miliknya dengan alasan untuk kepentingan pendistribusian buku.

Kuasa hukum terdakwa, Erik Mamoh kepada VN, Senin (17/12), mengatakan, dari kesaksian para saksi, terdakwa tidak terbukti menerima suap. Terdakwa hanya terbukti karena pengiriman dana sekitar Rp 60 juta yang ditransfer ke rekening terdakwa. Tetapi, dalam kesaksian, dana operasional tersebut telah diambil oleh saksi yang bernama Bayu Dokopaty dan telah digunakan sesuai manfaatnya. Sehingga menurut Mamoh, terdakwa harus dibebaskan dari tuduhan jaksa.


Sumber : victorynewsmedia
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD