Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 24 Desember 2012

Sumba catat rekor kain tenun sepanjang 104 meter

Kain tenun sepanjang 104 meter diarak ratusan pelajar Sumba Timur, NTT.
Sekelompok pengrajin kain tenun di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tengara Timur (NTT) membuat kain tenun sepanjang 104 meter. Kain tenun yang dicatat Musium Rekor Indonesia (Muri) itu dibuat dengan tangan selama dua tahun.


 

Sebagai upaya untuk melestarikan dan mengenalkan kain tenun Sumba Timur semakin luas, sekelompok pengrajin di Kabupaten Sumba Timur, NTT yang difasilitasi oleh Pemerintah Setempat meluncurkan kain tenun ikat sumba sepanjang 104 meter dan lebar 60 sentimeter di alun alun Rumah jabatan Bupati Sumba Timur.

Kain tenun yang berisikan puluhan motif khas Sumba Timur itu, sebelumnya digelar kelompok pengrajin dan diarak di jalanan kota oleh ratusan siswa dan siswi SMA dan SMK di Kota Waingapu yang menggenakan busana khas adat etempat.

Oleh pengrajin, kain ini kemudian diserahkan secara adat pada pemerintah Kabupaten untuk di simpan dan dirawat sebagai kekayaan daerah yang ditandai dengan penyajian tarian penyambutan pahlawan (Ninggu Harama) dan penyembelihan kerbau merah.

Kain tenun yang kaya akan motif khas dan memiliki panjang yang tak lazim dan dikerjakan dengan cara tradisonal selama hampir dua tahun itu, melecut Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan gelar rekor dunia untuk kain tenun motif kaliuda  yang diberi nama Dendi Nduangu yang bermakna kekeluargaan dan gotong royong itu.

”Kain ini kami kerjakan selama dua tahun dan baru selesai bulan lalu. Total pengrajin yang mengerjakan kain ini sebanyak 60 orang," jelas Sekertaris Kelompok Pengrajin Tenun Desa Kali Uda, Martha Rambu Hara, Minggu (23/12/2012).

Dalam pembuatan kain ternun terpanjang itu, diakui Martha, yang paling terasa berat adalah proses pewarnaan. Karena ada dua warna dasar yakni biru memakai daun pohon nila dan merah dengan akar pohon kombu atau mengkudu.

Paulus Pangka, senior manager MURI menjelaskan, kain tenun sumba motif Kali Uda ini merupakan rekor baru. Berdasarkan usulan awal dari pemkab Sumba Timur, panjangnya 100 meter, namun saat kami melakukan pengukuran tadi, disaksikan masyarakat ternyata panjangnya mencapai 104 meter.

Sebelumnya Bupati Sumba Timur, Gidion Mbilyora, menjelaskan peresmian kain tenun ikat terpanjang ini merupakan rangkaian acara untuk memeriahkan hari ibu dan hari lahir Kabuten Sumba Timur yang ke -54. Kain tenun itu dipersembahkan untuk masyarakat dunia khususnya kaum ibu Sumba Timur yang lewat tangan dan hati mereka melahirkan karya bernilai budaya tinggi.





Sumber : Sindo TV


Bupati Sumba Timur Saat Menerima Penghargaan MURI





Sumber foto : group sumba timur bercerita
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD