Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 20 Desember 2012

Parahita Ekapraya, Kebanggaan untuk Sumba Barat

TAHUN 2012, Kabupaten Sumba Barat patut berbangga karena Bupati Jubilate Pieter Pandango terpilih sebagai salah satu penerima Anugerah Parahita Ekpraya. Parahita Ekpraya merupakan penghargaan yang digagas Kementerian Pemberdayaan Perempuan sejak 2004.

Penghargaan ini diberikan kepada instansi pemerintah di tingkat pusat dan daerah yang memiliki perhatian dan kepedulian lebih terhadap perseoalan perempuan dan anak.

 
Dari ratusan kabupaten/kota di Indonesia, hanya 42 kabupaten/kota yang mendapat penghargaan tersebut. Untuk kawasan Indonesia Timur, hanya Sumba Barat dan salah satu kabupaten di Provinsi Papua yang menerima penghargaan itu. Pemkab Sumba Barat mendapat penghargaan tersebut karena memiliki kepedulian dan perhatian lebih mengenai masalah gender.

 
Sekda Sumba Barat Umbu Dingu Dedi menyatakan, masyarakat merupakan kumpulan dari keluarga-keluarga. Karena itu, jika keluarga mendapat perhatian serius, tentu akan berdampak kepada kehidupan sosial kemasyarakatan.

 
Pemimpin yang peduli persoalan perempuan dan anak, bisa dilihat dari regulasi maupun kebijakan yang ditetapkan. Pemkab Sumba Barat, kata Dingu Dedi, menetapkan Perda Nomor 4 Tahun 2012 tentang Kesehatan Ibu, Bayi, dan Anak (Perda KIBBA). Khusus untuk anak, ada Perda tentang Akta Gratis. Dengan perda ini, secara administrasi hak-hak anak dapat dipenuhi secara gratis.

 
Anggota DPRD Sumba Barat Semual K Heo mengemukakan, masalah kesehatan dan pendidikan patut mendapat perhatian serius. Karena itu, regulasi patut mendapat porsi utama. Apa yang dilakukan Pemkab Sumba Barat patut didukung, namun yang lebih penting adalah memenuhi kebutuhan dasar perempuan dan anak yaitu pendidikan dan kesehatan.


Sumber : victorynewsmedia
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD