Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 28 Desember 2012

Mahasiswa Sumba Se-Jawa Dan Bali Hadirkan Rektor Undana dan Bupati SBD

Laporan Kontributor Richardus Nino Kaza

Dalam pertemuan tahunan mahasiswa asal Sumba se-Jawa dan Bali di Malang, Jawa Timur tanggal 27 Desember sampai 29 Desember 2012 selain perayaan Natal bersama yang dilaksanakan Sabtu (29/12), hari ini (28/12) diselenggarakan Seminar.  Seminar yang dilangsungkan di Universitas Negri Malang, Jawa Tumir bertema Bersama Membangun Sumba Yang Bermartabat dengan menghadirkan pembicara Rektor Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Kupang, Prof. Ir. Frans U. Datta, M.App.Sc., Ph.D dan Bupati Sumvba Barat Daya, dr Kornelis Kodi Mete.


Seminar yang rencananya dimulai pukul 08.00 WIB baru terlaksana pukul 10.00 WIB dengan sambutan Wakil Rektor 1 Universitas Merdeka (Unmer) Malang Prof Dr Respati Wikantiyoso yang mengingatkan mahasiswa agar mahasiswa tidak hanya berorientasi untuk menjadi PNS semata, tapi lebih pada bagaimana menciptakan lapangan kerja.

Seminar diawali oleh pembicara Prof Umbu Data yang menyampaikan tentang potensi dan kesiapan sumber daya manusia menuju Sumba yang lebih bermartabat. Dalam pemaparannya Prof Umbu Data menyampaikan tentang kondisi rata-rata tingkat pendidikan di Sumba yang kurang dari 7 tahun "di Sumba Tengah rata-rata hanya mengejam 3 tahun sekolah, di sumba Barat Daya rata-rata 3,5 tahun, sumba Timur rata-rata 6 tahun dan Sumba Barat 5 tahun" ujarnya

selain itu Prof Umbu Data juga memnyampaikan bahwa selain jurusan kedokteran umum dan kedokteean hewan, UNDANA siap mnampung 100 orang lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dari  Kabupaten Sumba Barat Daya yang dibiayai oleh Pemda SBD

Pembicara kedua Bupati SBD, dr Konelis menymapaikan Materi tentang MEwujudkan Kesadaran Kesehatan Yang Berbasis Prefentif dan holistik dalam pemaparannya dr kornelis banyak menyampaikan tentang keadaan umum, potensi ekonomi, n permasalahan, bidang pendidkan. selain itu dr kornelis juga memaparka tentang desa berkecukupan air, Pngembangan air bersih dengan kegiatan peningkatan jaringan pipa, sumur bor, sumur dangkal pada daerah aliran sungai (DAS). Pemeliharaan sumber air lewat penghijauan serta Desa berkecukkupan cahaya dan Pembangunan pembangkit listikk tenaga fotovoltik ( splf) berkekuatan 0.5 megawatt (mw).

Sampai berita ini diturunkan seminar masih terus berlangsung dan masih tersisa dua sesi. Rencananya seminar akan berlangsung hingga pukul 22.00WIB dengan sebelumnya akan ada break selama 2 kali. Pembicara yang rencananya akan menyampaikan materi diantaranya mantan bupati Alor Ir. Ans Takalapeta. (snd)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD