Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Selasa, 11 Desember 2012

KPU Sumteng Siapkan Rp 11 M

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Tengah (Sumteng) akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada Febuari 2013. KPU setempat memperkirakan anggaran yang dibutuhkan untuk hajatan tersebut sebesar Rp 11 miliar.
“Untuk pelaksanaan Pilkada Sumba Tengah, berdasarkan hitungan kami, anggaran yang akan dibutuhkan mencapai Rp 11 miliar,” kata Ketua KPU Kabupaten Sumteng Tony Umbu Sunga di ruang kerjanya, Selasa (4/12).

Tony menjelaskan, anggaran sebesar Rp 11 miliar ini direncanakan untuk pelaksanaan pilkada dua putaran. Dana ini akan dimanfaatkan untuk keperluan pengadaan logistik maupun biaya lainnya dalam pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.
“Angka ini untuk membiayau juga seluruh perangkat pelaksana di tingkat bawah seperti PPK, dan PPS,” jelasnya.

Anggota KPU Sumba Tengah Apolos Dewa Praingu menjelaskan, saat ini KPU Sumba Tengah masih disibukkan dengan persiapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) NTT, dan verifikasi partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014. Walau demikian, sebagai otoritas pelaksanaan Pilkada, KPU setempat tetap mempersiapakan diri untuk melaksanakan Pilkada.


Dia menambahkan, setelah dilakukan pembicaraan dengan Komisi A DPRD Kabupaten Sumba Tengah, saat ini sedang disiapkan naskah kesepakatan atau memmorandum of understanding (MoU) dengan Pemkab setempat tentang dana hibah untuk Pilkada. Naskah MoU itu, katanya, akan ditandatagani pada pertengahan Desemeber 2012.

Saat ini, tahapan Pilkada Sumba Tengah sedang digodok KPU setempat. “Kita perkirakan sampai akhir 2012 semua persiapan Pilkada sudah mantap dan semua siap melaksanakan Pilkada,” katanya.

Anggota DPRD Kabupaten Sumba Tengah Marthen Ngadu Oly membenarkan bahwa DPRD setempat melalui Komisi A telah melakukan pertemuan dengan KPU Sumteng untuk membahas persiapan Pilkada, termasuk rancangan anggaran untuk pelaksanaan kegiatan tersebut. Dalam percakapan tersebut, katanya, KPU sudah menjelaskan tentang rencana dan program kerja KPU Sumba Tengah terkait pelaksanaan Pilkada. Dibicarakan juga tentang rancangan biaya untuk Pilkada.

“Kami sudah bertemu dengan KPU, dan kami berharap KPU dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan tetap independen demi pelaksanaan hajatan politik,” pungkas Marthen.

Terkait Pilgub NTT, Apolos Dewa Praingu mengkhawatirkan tingkat partisipasi pemilih akan rendah, sebab jumlah tempat pemungutan suara berkurang jauh dari Pilkada sebelumnya. Untuk Pilgub NTT, Sumteng hanya dijatahkan 122 TPS. Padahal, saat Pilkada Sumba Tengah kali lalu, disediakan 200 TPS.




Sumber : Victory News
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD