Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 27 Desember 2012

GKS Gugat Data Kementerian Agama

MAJELIS Sinode Gereja Kristen Sumba (GKS) menggugat data penduduk beragama Kristen yang dipublikasikan Kementerian Agama (Kemenag). Pasalnya, data Kementerian Agama itu jauh berbeda dengan data GKS.


 
“Kalau data di buku besar kami, jumlah warga GKS 426 ribu, sementara yang dipublikasikan Kementerian Agama kurang dari angka itu. Ini membuat GKS perlu menggugat dan mempertanyakan kepada pemerintah. Jangan mengerdilkan GKS karena GKS ada sebelum Indonesia merdeka,” tegas Ketua Sinode GKS Pendeta Naftali Djoru di Waikabubak, Rabu (12/12).

Menurutnya, Kementerian Agama RI harus mengklarifikasi data jumlah penduduk beragama Kristen Protestan di Pulau Sumba. Pasalnya, pendataan yang kurang valid itu membuat GKS seolah tidak diakui eksistensi dan keberadaannya. Atas perbedaan data tersebut, GKS telah bersurat kepada Menteri Agama RI agar memperhatikan kinerja dan kerja perangkatnya di daerah. “Jangan membuat seolah-olah GKS institusi agama yang tidak memiliki peran apa-apa di negeri ini,” tandasnya.

Tokoh muda GKS Victor Umbu Sulung menambahkan, GKS sebagai institusi keagamaan memiliki data jumlah jemaat yang valid.
“Sehingga protes itu sah dan wajar. Yang paling penting adalah ditindaklanjuti sehingga tidak menjadi preseden buruk,” ujarnya.

Kepala Seksi Statistik Sosial BPS Sumba Barat Andrew Donda Muthe mengemukakan, publikasi BPS dalam bentuk ‘Sumba Dalam Angka‘ merupakan kompilasi data-data BPS sendiri. Data-data itu didapat melalui sensus,  survei, dan data-data sektoral dari dinas maupun instansi vertikal di kabupaten masing-masing. “Jadi kami tidak tahu soal itu,” elaknya.


Sumber : victorynews
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD