Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 24 Desember 2012

Baru Dibangun, Saluran Pengendali Banjir Amblas oleh Banjir

Hujan deras yang berlangsung berjam-jam selama dua hari terakhir, (18-19 Desember 2012) di kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur (Sumtim), NTT berakibat amblasnya saluran pengendali banjir di Kelurahan Wangga, Kecamatan Kambera. Saluran yang memasuki tahap finishing itu hancur karena longsoran pasca tergerus banjir.



Saluran pengendali banjir yang dipercakan pada PT. Sumber Oeloan, dengan dana lebih dari 3 (tiga) milyar rupiah yang bersumber dari APBD 1 (satu) Propinsi NTT itu, merupakan satu paket pekerjaan dengan pembangunan drainase pemukiman di Kelurahan Kambaniru, Kecamatan Kambera, ternyata harus mengalami kerusakan berat, padahal sesuai kontrak pekerjaan harus dituntaskan pada tanggal 24 Desember mendatang. 

“Ini tinggal beberapa hari lagi masa kontraknya habis, tapi sudah rusak duluan, selain itu akibat adanya proyek ini, jalan di sini jadi becek dan tergenang air, hampir tiap hari ada banyak warga pengendara motor yang jatuh,” jelas Andreas, salah seorang warga yang ditemui Rabu ( 19/12) lalu.

Walau tak sampai menelan korban jiwa, warga sekitar yang terkena dampak dari pengerjaan proyek ini, mengharapkan pemerintah bisa menekan kontraktor untuk segera menangani masalah dan menyelesaikan proyek sesuai dengan masa kontrak.

“Kami tulus dan ihklas serahkan tanah kami untuk dilalui jaringan drainase dan pengendali banjir ini. Kami ikhlas karena ini untuk membantu warga Wanggawatu yang setiap hujan tergenang. Tapi sayang ketulusan kami justru dibalas dengan tanah dan pekarangan kami yang tergenang,” kesal ibu janda Mananga, kepada wartawan yang menemuinya terpisah.

Banjir juga tak hanya mengakibatkan saluran pengendali banjir rusak, namun sehari sebelumnya sempat menggenangi puluhan hektar sawah warga yang siap panen dan siap tanam di Kelurahan Kawangu, Kecamatan Pandawai. Banjir juga merusakan kebun sayur warga, hingga warga terpaksa memanen lebih cepat dengan cara mengais sisa-sisa tanaman yang rusak akibat terjangan banjir. 
 
 
 
Sumber : Waingapu.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD