Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 12 Desember 2012

Alokasi Kursi DPRD Sumbar Berkurang

MENGACU pada Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) yang dikeluarkan pemerintah, alokasi jumlah kursi DPRD Kabupaten Sumba Barat (Sumbar) mengalami pengurangan yang cukup signifikan. Jika dalam Pemilu 2009 dialokasikan 35 kursi, maka dalam Pemilu 2014 hanya 25 kursi.

Pengurangan 10 kursi karena sesuai regulasi yang berlaku, jumlah penduduk sampai 200 ribu jiwa mendapat jatah kursi legislatif sebanyak 25 kursi. Jumlah penduduk Kabupaten Sumbar sesuai DAK2 sebanyak 145.575 jiwa.  Dengan demikian, 25 kursi legislatif ini akan menjadi rebutan parpol yang saat ini sedang menjalani verifikasi faktual tahap kedua.


Bupati Sumbar Jubilate Pieter Pandango pada acara penyerahan DAK2 dari dari Pemkab Sumbar ke KPU, pekan lalu, menjelaskan, DAK2 itu akan menjadi acuan bagi KPU dalam mempersiapkan pelaksanaan Pemilu Legislatif maupun Pemilu Presiden. Sedangkan untuk Pilgub NTT masih menggunakan Data Penduduk Potensi Pemilih Pemilu (DP4) yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi NTT.

Ketua KPU Sumbar Jefry A Galla mengatakan, data agregat ini akan dipakai untuk menentukan jumlah kursi legislatif maupun jumlah daerah pemilihan (Dapil) dalam Pileg 2014 nanti. Dengan jumlah penduduk 145.575 jiwa dan jatah anggota legislatif 25 orang, maka jumlah bilangan pembagi pemilih (BPP) adalah 5.823. Setelah menentukan BPP tingkat kabupaten, selanjutnya angka ini dibagikan dengan jumlah penduduk tiap kecamatan. Satu dapil, minimal 3 kursi dan maksimal 12 kursi.

Lalu bagaimana hitung-hitungan jatah kursi tiap dapil dan jumlah dapil nanti?  Komisioner KPU setempat Henny Awang menjelaskan, di Sumbar akan ada empat dapil. “Tapi hal ini nanti akan kita plenokan karena harus masih memperhatikan, dan melihat regulasi lainnya,” jelasnya.

Untuk diketahui, saat Pemilu Legislatif 2009 lalu, KPU Sumba Barat membagi dapil menjadi empat dapil. Empat dapil tersebut, yakni Dapil I meliputi Kecamatan Kota Waikabubak, Dapil II Kecamatan Loli, Dapil III Kecamatan Wanukaka, Lamboya dan Lamboya Barat. Dapil IV mencakup Kecamatan Tana Righu. 
Saat itu Dapil I memiliki jatah 9 kursi, Dapil II 8 kursi, Dapil III 12 kursi dan Dapil IV 6 kursi. “Kali ini, alokasi kursi tiap dapil akan menurun jauh dari kondisi saat Pileg 2009 lalu,” ujarnya




Sumber : Victory News
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD