Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 14 November 2012

Seorang Anggota PPK Batal Dilantik

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) akhirnya membuat Surat Keputusan (SK) baru penetapan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Pasalnya, seorang anggota PPK asal Kecamatan Kodi Bangedo yang hendak dilantik ternyata masih terdaftar sebagai pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kabupaten SBD.


“Berdasarkan SK KPU Kabupaten Sumba Barat Daya No 16/Kpts/KPU-Kab/018.964761/2012 tertanggal 12 November 2012, anggota PPK Kodi Bangedo atas nama Naomi Pondaka diganti oleh PB Mema,” jelas Ketua KPU Sumba Barat Daya John Bili Kii melalui pesan singkat VN, Senin (12/11), terkait pembuatan SK KPU yang baru.

John Bili mengemukakan, salah satu syarat sebagai penyelenggara Pilgub NTT yaitu bukan anggota atau pengurus partai politik. Awalnya KPU SBD tidak mengetahui bahwa Naomi Pondaka adalah pengurus DPC Partai Gerindra SBD. Namun, setelah dilantik bersama anggota PPK lainnya, ada pengaduan dari masyarakat yang menyatakan bahwa yang bersangkutan adalah pengurus partai politik. Sedangkan aturan mengharuskan anggota PPK bukan merupakan anggota apalagi pengurus partai politik.

Setelah pengaduan tersebut, KPU Kabupaten SBD melakukan klarifikasi kepada yang bersangkutan dan Partai Gerindra SBD. Dari klarifikasi itu, ternyata nama yang bersangkutan masih tercantum dalam SK pengurus Partai Gerindra Kabupaten SBD. “Kami baru tau dan terlacak berdasarkan SK pengurus DPC Gerindra Kabupaten SBD,” jelas John.

Oleh karena itu, Naomi Pondaka diberhentikan dan diganti dengan calon anggota PPK Kodi Bangedo urutan keenam yang saat itu turut mengikuti seleksi.

Mengadu ke Polisi
Sebelumnya, Sabtu (10/11) Naomi Pondaka mengadukan pemberhentian dirinya sebagai anggota PPK ke Polsek Loura.
Kapolsek Loura Kompol Antonia Pah menjelaskan, Naomi Pondaka kecewa dengan KPU SBD karena tidak jadi melantiknya sebagai anggota PPK Kodi Bangedo. Padahal, namanya sudah tercantum dalam SK KPU SBD. “Jadi Naomi sempat mengadukan ke Polsek Loura, tapi kami anjurkan supaya diselesaikan secara baik-baik karena ini terkait pelaksanaan Pilgub NTT yang beban kerja dan prosesnya memakan waktu dan biaya yang cukup besar,” ujar Antonia kepada VN, Minggu (11/11).

Pelantikan PPK dilakukan oleh KPU Sumba Barat Daya pada Sabtu (10/11). Anggota PPK yang dilantik seharusnya 55 orang untuk 11 kecamatan di Sumba Barat Daya. Namun, karena Naomi Pondaka batal dilantik, maka yang dilantik hanya 54 orang.


Sumber : victorynewsmedia
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD