Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 06 September 2012

Sumba Cocok Jadi Kawasan Ekonomi Terpadu Berbasis Peternakan


Wakil Gubernur NTT Esthon Foenay mengatakan, pulau Sumba sangat cocok menjadi kawasan ekonomi terpadu berbasis peternakan. Selain lahan yang masih luas, kondisi geografisnya pun sangat mendukung.

“Sapi Ongoel, ternak babi dan kambing amat cocok untuk dikembangkan di wilayah Sumba,” ujar Esthon saat menghadiri pembukaan Pagelaran Seni Budaya Sumba ke XIII dan Pameran Pembangunan tahun 2012 se daratan Sumba di lapangan Manda Elu Waikabubak, Minggu (2/9).

Komentar wagub itu cukup beralasan. Sebab, bagi orang Sumba, jika ada orang yang tinggal di pulau Sumba tapi tidak punya ternak, berarti dia bukan orang Sumba. Karena mental dan kepribadian masyarakat Sumba sudah terbentuk menjadi peternak sejak lahir.

Selain Sapi, babi dan kambing, di Sumba terdapat pula kuda, kerbau dan domba yang dikembangkan oleh masyarakat.

Bupati Kabupaten Sumba Timur, Gidion Mbiliyora mengaku akan terus mendorong masyarakat mengembangkan ternak di daerahnya.

Karena itulah pemerintah terus berupaya mengatasi kekurangan pakan ternak, serta mengubah pola beternak yang kebanyakan masih bersifat tradisional.

Sementara itu Bupati Sumba Barat, J. Pieter Pandango menegaskan dengan berbagai potensi yang ada, sesungguhnya masyarakat Sumba tidak miskin.

 “Pada umumnya masyarakat Sumba tidak miskin. Kalau ada yang miskin berarti dia malas bekerja,” ucap Pandango.




Sumber : sergapntt
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD