Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 09 September 2012

SELAIN KOMODO NTT PUNYA SATWA UNIK LAIN DI PULAU SUMBA

Komodo telah menjadi icon tidak hanya NTT tapi juga Indonesia. Hemwan langka yang satu ini hanya terdapat di pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. Namun siapa sangka NTT tak hanya memiliki satwa unik Komodo karna si pulau Sumba ada satwa unik lainnya.

Indonesia sebenarnya
kaya akan satwa endemik yang layak dibanggakan dan perlu mendapat perhatian. Aneka jenis burung endemik di pulau Sumba, NTT kini populasinya terancam punah akibat perburuan liar. Perlu keterlibatan serius yang dilandasi rasa cinta dari berbagai kalangan untuk melestarikannya.

Di Sumba, beberapa tahun terakhir ada kelompok warga yang secara rutin menggelar patroli swadaya sebagai bentuk kepedulian. Pagi dan sore, dua kali dalam seminggu dan dalam jumlah yang tak tentu warga desa Manurara, Kecamatan Katiku Tana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat Pelestari Hutan (KMPH) melakukan aksi patroli.

Tidak seperti lazimnya patroli yang kerap dilakukan oleh aparat polisi hutan dan pengelola Taman Nasional yang mengenakan atribut lengkap, seperti sepatu bot, seragam dan senjata. Warga di sana justru tak beralas kaki dan hanya mengenakan pakaian seadanya.

Kendati demikian, mereka tetap bersemangat mendaki dan menuruni bukit juga menyisir hutan guna mengawasi keberadaan satwa endemik khususnya burung endemik di sekitar desanya, yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Manupewu Tanadaru.

Jika menemukan aktifitas mencurigakan, mereka akan melakukan pendekatan persuasive, namun jika diabaikan, mereka mengaku tidak segan untuk mengambil tindakan tegas atas nama kelestarian dan kecintaan pada alam dan burung kebanggaan mereka. “Biasa sudah kami orang kampong jalan tidak pakai sandal. Kalau kami ketemu orang tebang hutan atau memburu burung, kami akan tegur namun jika melawan dan macam macam, apalagi mau main kasar, kami tebas,”jelas polos namun tegas, Umbu G. Radjang, Kepala Desa Manurara, kala ditemui ketika sedang berpatroli bersama anggota KMPH.

Bentuk lain kecintaan mereka pada satwa endemic, warga juga mengelola kandang penangkaran burung endemik Sumba. Belasan Nuri Bayan dan Kakatua Jambul Kuning Sumba, hasil sitaan, di rawat di kandang penangkaran mini di pinggiran hutan Taman Nasional.

Adapun burung yang merupakan satwa endemic (khas atau tidak ada ditempat lain di dunia) itu diantaranya adalah Kakatua Jambul Kuning, Nuri Bayan, Julang Sumba, Punai Sumba, Walik Rawamanu, Sikatan Sumba, Burung Madu Sumba, Gemak dan Punggok Sumba, Serta Punggok Wengi..
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD