Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 08 September 2012

Pengantar Arwah Menuju Nirwana

Suasana Meriah, Upacara Pemakaman Sumba

Mengecap besi panas di tubuh kuda butuh membutuhkan keahlian yang berbeda. Tak semudah yang diperkirakan, salah-salah kuda bisa infeksi. Masih dari Sumba, Vika Fitriyana berkesempatan melihat Taning, atau upacara pemakaman adat Sumba.

Kuda Sumba yang prestisius, sebanding dengan munculnya koboi-koboi timur yang cepat, tepat, serta terampil menggunakan laso. Laso digunakan untuk menggiring kuda-kuda yang  umumnya  berusia antara 4 bulan sampa 1 tahun untuk dicap. Gunanya agar kuda-kuda ini tidak tertukar dengan kuda milik orang lain. Meskipun dilepaskan di savana yang luar biasa luas.

Proses pengecapan pada kuda juga tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang, melainkan harus dengan yang ahlinya. Hal ini bertujuan agar kuda tidak merasakan sakitnya besi panas.

Selain prosesi pengecapan kuda dengan besi panas, di Sumba, Nusa Tenggara Timur juga ada ritual Taning. Taning atau upacara pemakaman adat Sumba ini sangatlah unik.

Pemakaman adat Sumba ini pun menggunakan batu sebagai elemen utama, yang wajib ada. Tentunya batu yang digunakan juga bukan sembarang batu. Konon dalam satu reti cukup untuk memakamkan satu keluarga dari marga yang sama. Namun, untuk menantu tidak boleh dimakamkan dalam satu reti yang sama dengan mendiang mertuanya.

Pemakaman adat ini melibatkan banyak tamu dari berbagai desa. Para tamu juga datang membawa hadiah sebagai tanda berduka yang kemudian dibarter oleh milik keluarga yang berduka, sesuai dengan petunjuk wunang atau tetua adat.

Hadiah yang diberikan biasanya berupa kain tenun dan binatang ternak yang kelak akan disembelih. Wunang umumnya akan memilih urat hati babi dari sekian banyak hewan yang disembelih karena dipercaya dapat memperlihatkan baik atau buruknya upacara pemakaman ini berdasarkan petunjuk leluhur.



Sumber : travel.detik.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD