Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 06 September 2012

Pemkab Sumba Tengah Kembangkan Jagung Dan Ternak

PANEN PERDANA – Wamen Pertanian bersama Wagub NTT dan Kadis Pertanian dan Perkebunan NTT sedang memanen jagung di lokasi percontohan atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Sumteng dengan PT Pramana Celebes Agrieresources di Waibakul, Senin (3/9).
Wakil Menteri Pertanian RI, DR. Ir. Rusman Heriawan, M.Sc meminta Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah untuk mengembangkan tanaman jagung dan ternak di areal yang masih kosong.

“Kembangkan jagung dan intensifkan ternak sapi,” pinta Heriawan saat pelaksanaan panen perdana jagung di kebun percontohan atas inisiatif kerjasama Pemerintah Kabupaten Sum Tengah dengan PT Pramana Celebes Agrieresources di Waibakul, Senin (3/9).


Heriawan juga meminta Pemkab setempat untuk tetap menjaga keseimbangan eko sistem yang ada.

“Saya minta agar tempat ini tetap menjadi lokasi untuk tanaman jagung. Kan bagus dari lokasi kantor pemerintah di luar ada tanaman jagung yang hijau-hijau. Saya harap bisnis areanya jangan di tempat sini, cari tempat yang lain,” ujarnya.

Kepada PT Pramana Celebes Agrieresources, Heriawan meminta untuk dapat bekerjasama dengan Pemkab Sumteng dan masyarakat yang ada di Sumba Tengah.

“Investor bina hubungan baik dengan Pemkab dan masyarakat. Investor jangan eksklusif. Jaga harmonisasi dengan masyarakat sehingga tidak menimbulkan konflik antara investor dengan masyarakat,” ucap Heriawan, berharap.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTT, Ir. Esthon L. Foenay, M.Si mengatakan, sudah menjadi tekad Pemerintah Provinsi NTT kalau NTT diarahkan sebagai Provinsi Jagung. Karena jagung merupakan bahan pangan pokok dan sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat. Lahannya pun sangat cocok untuk ditanami jagung.
 
“Kita tetap berupaya untuk mengembangkan jagung, untuk ketahanan pangan dan agribisnis. Untuk meningkatkan ketahanan pangan, kita terus-menerus melakukan sosialisasi konsumsi pangan lokal dan upaya meningkatkan produksi pangan,” papar Wagub.

Wakil Bupati Sumba Tengah Umbu Dondu mengaku, Pemkab telah menyediakan 1000 hektar lahan untuk jagung.

“Selama ini kami selalu sosialisasikan kepada petani agar sebelum tanam padi, lahannya ditanami dulu dengan jagung. Ini bentuk dukungan kami terhadap program Pemerintah Provinsi NTT yang ingin menjadikan NTT sebagai Provinsi Jagung,” ucap Wabup.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan NTT Yonahes Tay menjelaskan, kebun contoh seluas 12 hektar yang terdapat di sekitar kantor bupati Sumba Tengah itu menggunakan metode full mekanik atau model budidaya jagung di musim kemarau.

“Disana mereka kembangakan model inti plasma. Kemudian,,,, limbah jagungnya diberikan untuk ternak,” katanya.



Sumber :sergapntt
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD