Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 06 September 2012

Pemerintah akan Bangun 5 Pasar Tradisional di Sumba Barat

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Syarif Hasan sedang melihat langsung proses menenun
Pemerintah pusat akan segera membangun lima pasar tradisional di Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),dengan anggaran Rp5 miliar.

Demikian dikatakan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Syarif Hasan setelah melihat langsung kegiatan jual beli yang cukup ramai di kawasan tersebut. “Kalau kita lihat langsung,masyarakat memang membutuhkan pasar terutama di daerah pedalaman,”katanya saat berkunjung ke Kabupaten Sumba Barat,Senin (3/9). Menurut dia,masyarakat di Sumba Barat sebenarnya sudah semakin meningkat kesejahteraannya.

Dari data yang diperoleh, pendapatan per kapitanya sudah meningkat dari Rp500.000 per tahun menjadi Rp5 juta per tahun.Namun,dari data statistik memang NTT termasuk kawasan yang kesejahteraannya minim. “Hanya kesalahpahaman kriteria miskin seperti lantai tanah dan yang lainnya. Kalau di lihat langsung,warga sekitar Sumba Barat memang belum ada yang menggunakan lantai keramik.

Tapi, untuk rumahnya sudah beton,”ungkapnya. Masyarakat Sumba Barat, kata dia, rata-rata bekerja sebagai petani dan banyak juga yang memiliki perkebunan jambu mente. Nilai jual dari jambu mente cukup tinggi. Untuk peningkatan usaha, Kementrian Koperasi dan UKM juga akan menyediakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan pengembangan program lainnya. “Intinya,modal yang kami berikan nanti jangan untuk keperluan konsumtif, tetapi lebih ditekankan untuk mengembangkan usaha mereka,”katanya.

Bupati Sumba Barat Jubilate Pieter Pandango berterima kasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM yang sudah datang dan melihat langsung kondisi masyarakatnya. Pihaknya berharap akan ada perhatian yang tinggi kepada masyarakat Sumba Barat sehingga kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat.“ Kita berharap ada bantuan untuk peningkatan pendapatan masyarakat,”katanya. 
 
Sumber : seputar-indonesia.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD