Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 07 September 2012

MENGKUDU : Obat Herbal Yang Dijadikan Bahan Dasar Warna Kain Sumba

Buah mengkudu  mungkin sudah sering kita dengar, bahkan ada jamu instan mengkudu baik kapsul atau serbuk mengingat khasiatnya yang sangat baik buat tubuh. Mengkudu merupakan tanaman yang mudah tumbuh di daerah dataran rendah. Tanaman ini memiliki buah berwarna hijau dengan bentuk bulat lonjong dan ada bintil-bintil di permukaannya. Tinggi tanaman mengkudu ini sekitar 3-8 meter. Seperti foto berikut ini ...



 Mengkudu bagi masyarakat Sumba
sudah tidak asing lagi karena telah turun temurun akar mengkudu  digunakan sebagai bahan dasar dalam proses pewarnaan kain tenun ikat Sumba. Hanya saja mengkudu yang digunakan mengkudu hutan dan biasa di sebut dalam bahasa daerah sumba Kombu.
Buah mengkudu sangat baik untuk pengobatan herbal, berbagai penelitian telah dilakukan berdasarkan  jurnal Cancer Letter pada tahun 1993 mengenai manfaat buah mengkudu menyebutkan bahwa beberapa peneliti Jepang dari The Institute of Biomedical Sciences dan Keio University telah melakukan riset terhadap 500 jenis tanaman. Para peneliti itu menyimpulkan bahwa dalam buah mengkudu terdapat kandungan zat antikanker (damnacanthal).

Selain sebagai anti kanker, buah mengkudu juga mempunyai manfaat sebagai berikut :
• Mengkudu dapat menjadi zat pencegah kanker dan tumor.
• Mengkudu dapat membantu peningkatan daya tahan tubuh.
• Mengkudu bisa membantu mengurangi rasa sakit.
• Mengkudu dapat menjadi zat anti alergi dan anti radang.
• Mengkudu dapat membantu menormalkan tekanan darah.
• Mengkudu dapat membantu memperlancar siklus energi dalam tubuh.
• Mengkudu dapat menjadi anti bakteri.
• Mengkudu dapat membantu mengatur mood (siklus suasana hati).

Berdasarkan hasil penelusuran di internet :
Dr. Neil Solomon pernah melakukan sebuah survey terhadap 8000 orang yang mengonsumsi sari buah mengkudu. Dalam survey tersebut ia melibatkan 40 dokter serta beberapa praktisi medis. Dalam surveynya Dr. Neil Solomon ingin membuktikan kemampuan sari buah mengkudu dalam penyembuhan beberapa penyakit. Misalnya: serangan jantung, kanker, diabetes, stroke, gangguan pencernaan, dll.

hmm. m. mm... banyak juga manfaatnya ya ....  jika ingin sehat minum saja jamu atau kapsul buah mengkudu atau jika benar – benar ingin fresh buat jus mengkudu.


Bunga Mengkudu


Jus Mengkudu

Jus mengkudu dapat dibuat dengan cara  cepat dan sederhana dan sehat begini caranya :

     1.      Ambil buah mengkudu yang telah matang, biasanya kalau sudah matang buah mengkudu akan jatuh dari  pohonnya dan bila di pegang agak lembek. Buah mengkudu dapat di beli di pasar atau di ambil dari hasil pohon mengkudu yang di taman di halaman rumah.   

     2.      Cuci bersi buah mengkudunya kemudian buah mengkudu di tekan - tekan dengan mengunakan sendok dan saringan sehingga terpisah antara sari buah dan bijinya.
      3.      Ambil 2 -3 sendok makan sari buah mengkudu lalu ditambahkan air 1 gelas
      4.      Tambahkan 1 sendok madu untuk mengurangi rasa dan aroma mengkudu.
      5.      Diminum 2 x sehari atau 3 x sehari.

Pohon Mengkudu


Tentunya sehat dengan cara alami akan jauh lebih baik dari pada capsul dan jamu buatan pabrik. Apalagi pohon mengkudu sangat mudah ditanam dan dirawat apa lagi berbuahnya tidak mengenal musim tentunya akan sangat menguntungkan jika kita dapat menanam pohonnya di halaman rumah sehingga dapat dimanfaatkan buahnya setiap waktu.

Semoga bermanfaat ..



Sumber : hjf-ringan
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD