Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 10 September 2012

KOPERASI— Pemerintah Pusat Komitmen Perkuat Kelembagaan di NTT

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Esthon Foenay,
Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Esthon Foenay, mengatakan, Pemerintah Pusat memiliki komitmen yang kuat untuk membangun khusus program-program penguatan kapasitas dan kelembagaan Koperasi di daerah ini.

“Kedepan diharapkan dinamika dan geliat koperasi yang ada di Provinsi NTT khususnya di kabupaten-kabupaten yang ada di Pulau Sumba dapat lebih ditingkatkan khususnya koperasi-koperasi perempuan,” katanya di Kupang, Rabu.

Wagub Foenay mengatakan hal itu setelah mendampingi Menteri Koperasi (Menkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Syarif Hasan di Pulau Sumba khususnya di Kabupaten Sumba Barat.

Menteri Koperasi (Menkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) RI, Syarif Hasan meminta kepada para pengrajin yang ada di Pulau Sumba khususnya yang ada di Kabupaten Sumba Barat untuk lebih kreatif memproduksi hasil-hasil kerajinan Sumba seperti kain tenun ikat.

“Saya ingin produk-produk Sumba Barat seperti baju tenun ikat yang saya pakai ini dikenal oleh seluruh Indonesia. Saya suka produk ini,” katanya saat meresmikan pasar tradisional di Desa Loko Ray Kecamatan Tana Righu Kabupaten Sumba Barat.

Dia mengatakan, jika masyarakat Sumba Barat mempunyai semangat yang kuat untuk mengembangkan usaha ekonomi produktif, Pemerintah Pusat siap membantu dengan merumuskan berbagai program untuk menjawab apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Namun para pengrajin yang ada di Pulau Sumba khususnya yang ada di Kabupaten Sumba Barat harus terlebih dahulu tunjukkan kreatifitas dalam memproduksi hasil-hasil kerajinan seperti kain tenun ikat.

Menurut Wagub Foenay, jumlah koperasi di Nusa Tenggara Timur, hingga Mei 2012 mencapai 2.340 unit atau bertambah 940 unit atau sekitar 96% dari total sebelum dicanangkan daerah ini dicanangkan sebagai provinsi Koperasi 2008 sebanyak 1.400 unit.

“Khusus untuk 2012 terjadi loncatan jumlah pembentukan koperasi dimana pada Maret terbentuk 2.326 meningkat dalam tenggat waktu satu bulan lebih bertambah menjadi 2.340 unit,” katanya.

Saat ini katanya di NTT pertumbuhan koperasi cukup pesat karena tingkat kesadaran masyarakat untuk berkoperasi sudah tinggi, untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan keluarga yang lebih baik dari sebelumnya.



Sumber : bisnis-kti.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD