Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 11 Agustus 2012

Sumba bakal Miliki Tanaman Tebu Senilai Rp1,4 Triliun

Perusahaan “holding” BUMN perkebunan berencana memperluas lahan penanaman tebu dalam upaya mencapai target swasembada gula nasional dengan menginvestasi sekitar Rp1,4 triliun untuk penanaman tebu di wilayah itu.

Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara III Megananda Daryono di Jakarta, Rabu (8/8), mengemukakan induk perusahaan BUMN perkebunan di Sumba tersebut akan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menanam tebu. Nantinya, akan ada skema tebu inti dan plasma.

“Lahan di Sumba itu juga milik PTPN. Untuk petani yang menanam tebu, ya silakan,” kata Megananda saat ditemui usai acara ‘Temu Akbar Engineering BUMN 2012′.

Megananda mengakui dana investasi akan diperoleh dari internal 40 persen dan pinjaman perbankan 60 persen. Ia memaparkan perluasan lahan ini menyusul minimnya lahan untuk menanam tebu. Saat ini, sudah ada pabrik gula milik PTPN, Glenmore di Banyuwangi, Jawa Timur. Pabrik gula Glenmore merupakan bagian dari kerjasama PTPN III, XI, dan XII.

“Namun, yang mayoritas PTPN III yang mencapai 60 persen. Jadi, dalam rangka swasembada gula, pabrik gula ada di Pulau Jawa melalui revitalisasi lahan harus ditingkatkan,” ungkapnya.

Megananda menjelaskan kebutuhan lahan yang digunakan untuk Glenmore nantinya sekitar 6.000 hektare, dari total lahan PTPN  XII, yakni 10.000 hektare. Saat ini, PTPN XI dan PTPN XII sedang dalam perbaikan di internal.

“Intinya, pabrik gula Glenmor itu memang ada namanya. Ada di Banyuwangi, jadi bukan mengada-ngada,” tuturnya. 



Sumber : mediaindonesia.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD