Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 23 Agustus 2012

Rakyat SBD Tak Sekadar Cukup Makan

Paket Manis
Calon Bupati Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) pada Pemilukada 2013 dan bakal diusung Partai Golkar, Jacob Malo Bulu menegaskan, tingkat kemajuan dan kemakmuran wilayah tersebut tidak bisa diukur dengan terpenuhinya kebutuhan pangan warga yang ada.

Menurut Jacob Malo Bulu yang kini masih menjabat Wakil Bupati SBD itu, wilayah tersebut harus mampu bersaing dengan seluruh kabupaten/kota yang ada di NTT bahkan Indonesia. Penegasan tersebut disampaikan Jacob Malo Bulu dalam sambutannya usai meminang John M. Geli sebagai calon Wakil Bupati SBD berpasangan dengannya untuk bertarung di pemilukada SBD 2013 mendatang.

Pinangan Jacob Malo Bulu yang dihadiri puluhan ribu warga dari seluruh kecamatan yang ada di SBD, itu, berlangsung secara adat di kediaman John M. Geli di Laura, Waitabula - SBD, Selasa (21/8) siang kemarin. Menurutnya, jika Tuhan berkehendak bersama John M. Geli terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati SBD pihaknya akan membawa perubahan yang berarti di wilayah tersebut.

"Kita harus mampu bersaing dengan kabupaten/kota yang ada di NTT bahkan yang ada di Indonesia. Kabupaten SBD adalah kabupaten kaya dengan sumber daya alam yang ada. Sumber daya alam tersebut harus dikelolah dengan maksimal untuk kemajuan rakyat di seluruh kecamatan yang ada di SBD dan itu tekad kami berdua bersama pak John M. Geli. SBD dikatakan maju tidak hanya diukur bahwa kebutuhan akan pangan warga yang ada sudah terpenuhi karena kebutuhan rakyat SBD bukan sekadar makan yang cukup tapi juga menyangkut pendidikan dan kesehatan," paparnya.

Malo Bulu juga mengungkapkan, ada yang bertanya terkait tim sukses paket MANIS dengan tagline KOMPAK, itu. "Ada yang tanya tim sukses paket Manis dimana. Saya katakan bahwa tim sukses paket Manis tidak ada di Kabupaten SBD. Tim sukses paket MANIS dikoordinir langsung oleh para tokoh adat dan tokoh agama yang ada di desa-desa yang saling berkoordinasi dan koreksi satu dengan yang lain," tandasnya seraya mengatakan, untuk memajukan SBD membutuhkan managemen dan tata kelolah pemerintahan yang baik.

"Menjadi pemimpin itu juga harus mau dikoreksi oleh rakyat. Kalau tidak mau dikoreksi atau dikritisi rakyat yah jangan jadi pemimpin. Jika saya dan Pak John M. Geli dikehendaki oleh Tuhan untuk memimpin kabupaten SBD maka kami minta dikritisi apabila ada kebijakan yang dinilai keliru oleh rakyat karena rakyatlah yang memiliki kedaulatan. Kami tidak mau menjadi pemimpin satu kelompok atau wilayah tertentu tapi menjadi pemimpin yang sesungguhnya untuk seluruh wilayah SBD tanpa membedakan agama, ras dan golongan," ingatnya.

Hal senada disampaikan calon Wakil Bupati John M. Geli. Menurutnya, menjadi pemimpin SBD harus memahami dan menghargai budaya yang ada. "Itu sebabnya saya katakan kepada Pak Jacob Malo Bulu kalau menginginkan saya mendampingi beliau sebagai calon Wakil Bupati di pemilukada SBD 2013 nanti, maka harus melamar saya secara adat dan budaya yang ada di wilayah SBD ini. Hari ini adalah wujud betapa kita menghargai yang namanya budaya. Kalau kita tidak memahami dan menghargai budaya maka sebagus apapun konsep pembangunan yang dijalankan tidak akan berhasil atau berantakan," paparnya.

Geli menilai, pemilukada SBD 2013 ibarat perang yang membutuhkan strategi dan perhitungan yang matang. "Tentunya strategi apa yang dipakai tidak boleh dibuka kepada lawan. Nanti setelah diarena peperangan strategi tersebut akan diterapkan," jelasnya.

Tokoh masyarakat Laura, Lukas Ama Ki'i optimis bila Tuhan berkehendak tidak ada sesuatu yang mustahil. "Bila nanti pak Jacob Malo Bulu dan pak John M Geli terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati SBD periode 2013-2018 maka harapan kami tolong ada pemerataan pembangunan di SBD. Saya biasa mengunjungi wilayah-wilayah yang ada di SBD dan menemukan banyak wilayah yang sarana jalannya sangat tidak memadai. Selain sarana jalan, ada wilayah yang masih kekurangan tenaga guru dan kesehatan. Ada di wilayah yang tenaga gurunya menumpuk orang tapi ada wilayah yang minim tenaga guru. Kami juga berharap agar pak Jacob Malo Bulu dan pak John M Geli tidak menjadi Bupati dan Wakil Bupati untuk kelompok dan wilayah tertentu tapi jadilah pemimpin untuk seluruh wilayah dan warga SBD. Jangan lagi ada yang namanya sentimen suku, agama dan ras di wilayah SBD ini," terangnya.

Sementara menurut Siti Arfah, salah satu perintis pembentukan Kabupaten SBD, wilayah tersebut pasca pemekaran dari kabupaten Sumba Barat, belum menunjukkan kemajuan yang berarti. "Itu sebabnya kita butuh pemimpin yang berani dan tegas dalam mengambil kebijakan untuk memajukan SBD kearah yang lebih baik. Kalau mau SBD lebih maju dari sekarang maka kita harus KOMPAK mendukung paket MANIS di pemilukada SBD 2013 nanti," harapnya.
 
Acara peminangan John M Geli sebagai calon Wakil Bupati oleh Jacob Malo Bulu itu berakhir kesepakatan adat melalui penyembelian dua ekor babi oleh tokoh adat SBD.


Sumber : Timex
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD