Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 08 Agustus 2012

Pulau Sumba Akan Gunakan EBT 100%

PT PLN (Persero) menargetkan peran serta energi baru dan terbarukan (EBT) untuk produksi listrik naik mencapai 20 persen dalam delapan tahun ini. Saat ini, energi bauran untuk listrik baru sekira 11 persen.

EBT bukan sekadar energi alternatif dari bahan bakar fosil, tetapi penyangga pasokan energi utama. Hal ini karena bahan bakar fosil seperti minyak dan batu bara semakin berkurang atau habis serta harganya cenderung semakin meningkat.

Di sisi lain, teknologi EBT semakin maju dan harganya cenderung semakin menurun. Karena itu, PLN terus mendorong dan memfasilitasi pengembangan EBT seperti air, panas bumi, matahari, serta biomass untuk kelistrikan. Salah satu pulau yang akan dialiri listrik dengan 100 persen EBT adalah Pulau Sumba di NTT.

"Saat ini di kabupaten Sumba Barat Daya sudah ada Pusat Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Lokomboro existing 800 kilowatt (kw). PLN sedang membangun perluasan (extention) PLTMH Lokomboro 2x500 kW dan di bawahnya akan dibangun lagi cascading (turunan) 2x200 kw," kata Direktur Utama PLN Nur Pamudji dalam siaran persnya, Senin (23/4/2012).

Dia menjelaskan, mikro hidro adalah salah satu EBT penopang di Sumba, menjadikan Sumba sebagai iconic island, di mana 100 persen kebutuhan listriknya akan dipenuhi dengan EBT dengan beban puncak di Sumba sekira 7,1 megawatt (mw).

Selain Lokomboro, juga akan dikembangkan potensi mikro hidro lain yang tersebar di Sumba, di antaranya air terjun Umbu Wangu 2x500 kw dan bendungan Kambaniru yang memiliki potensi 2x500 kW.

"Karena di Sumba tersedia begitu banyak sumber EBT. Di sisi lain kebutuhan listrik di pulau ini belum begitu besar," kata Kepala Divisi EBT PLN Mochamad Sofyan.

Selain mikro hidro, saat ini juga sedang dikembangkan pemanfaatan energi matahari yang jumlahnya berlimpah. Untuk memanfaatkan energi matahari, PLN mengembangkan program Super Ekstra Hemat Energi (Sehen) Mandiri bagi warga masyarakat yang tinggal di daerah remote, yang sangat sulit dijangkau jaringan listrik konvensional.

Instalasi Sehen terdiri dari satu panel surya untuk menangkap sinar matahari, kabel penghubung, tiga lampu yang dilengkapi storage dan remote untuk menyalakan dan mematikan lampu. Masing-masing rumah di kawasan remote diberikan instalasi SEHEN.

"Saat ini pelanggan Sehen di Sumba telah mencapai hampir 10 ribu pelanggan dan untuk tahun ini target tambahan pelanggan SEHEN di Sumba sebesar 37 ribu pelanggan," kata General Manager PLN Wilayah NTT Richard Safkaur.

Selain itu saat ini juga sedang dibangun Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal Bile Cenge sebesar 500 kW untuk dialirkan ke jaringan listrik di Sumba dan didistribusikan ke pelanggan



Sumber : okezone.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD