Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 05 Agustus 2012

Empat Kabupaten Di Pulau Sumba Ikut Kirim Sapi Penuhi Kebutuhan Lebaran

NTT Kirim 4.200 Sapi Penuhi Kebutuhan Lebaran

 
Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah mengirim 4.200 sapi ke tiga daerah untuk memenuhi kebutuhan daging selama lebaran. Pengiriman ternak tersebut dilakukan pada Juli lalu ke DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Kalimantan Timur.

Kepala Dinas Peternakan NTT Semuel Rebo mengatakan meningkatnya pengiriman sapi dari NTT ke daerah tersebut menyusul kebijakan pemerintah pust membatasi impor sapi sampai 17% dari jatah impor 30% setiap tahun.

"Setiap tahun tiga wilayah itu menjadi daerah tujuan pengantarpulauan sapi asal NTT," kata Semuel di Kupang, Kamis (2/8).

Ia mengatakan kebutuhan sapi meningkat selama puasa hingga lebaran. Adapun daerah pemasok sapi berasal dari delapan kabupaten di NTT, yakni Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu dan empat kabupaten di daratan Sumba, yakni Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Barat Daya.

Sapi untuk kebutuhan lebaran tersebut merupakan bagian dari 30.000 sapi yang diantarpulaukan sejak Januari-Juli dari kuota 50.000 ekor. Paling banyak berasal dari Sumba Timur 3.800 ekor, dan Kupang 13.000 ekor.

Menurut Samuel, dinas peternakan sedang melakukan telaan untuk penambahan kuota pengantarpulauan sapi, mengingat tingginya permintaan sapi dari luar daerah.

"Namun penambahan kuota harus diawali Surat Keputusan Gubernur," katanya.

Dengan demikian, pengeluaran ternak dari daerah tidak menimbulkan pengurasan. Selain itu, pemerintah daerah sedang berupaya meningkatkan populasi ternak di daerah seperti memacu peternak untuk melakukan budi daya ternak, dan dilarang menjual sapi betina produktif.

Menurut dia, pemerintah daerah juga terus melakukan pengawasan terhadap pemotongan sapi di daerah. Pasalnya kebutuhan daging sapi juga terus mengalami peningkatan.

"Kebutuhan lokal yang mencapai 60.000 ekor per tahun, jauh di atas kuota pengiriman sapi ke luar daerah," tandasnya.

Kuota pengantarpulauan sapi dari NTT tahun ini meningkat 500 ekor dari kuota 2011 sebanyak 49.500 ekor. Sedangkan populasi sapi di NTT tahun ini diperkirakan 1,7 juta ekor



Sumber : http://www.mediaindonesia.com

Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD