Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 11 Juli 2012

UMBU KOBA DAN RITUAL WULLA PODDU DI SBD

Wulla Poddu berasal dari kata Wulla yang berarti Bulan; Poddu yang berarti suci/keramat. Secara harfiah Wulla Poddu dapat diartikan sebagai bulan suci atau keramat. Dimana masyarakatnya harus melakukan serangkaian ritual dan dan menaati aturan-aturan yang berlaku saat helatan Wulla Poddu seperti, tidak boleh membunyikan gong, membangun rumah, menangisi yang meninggal, tidak boleh mengadakan pesta, dsb.


Ketika mendengar upacara Wulla Poddu biasanya orang akan tertuju ke suku Loli di Kabupaten Sumba Barat, karena sebagai suku besar di Sumba Barat yang berada di Ibukotanya Waikabubak, pelaksanaan Wulla Poddu di Loli sangat terasa khususnya puasa untuk tidak berpesta dan biasanya warga yang mendiami kota Waikabubak juga ikut menghormati proses adat ini walaupun bukan orang Loli dengan tidak berpesta pora pada saat Wulla Poddu.

Tidak banyak yang mengetahui kalau di Kabupaten Sumba Barat Daya, ada juga satu kampung yang masih terus melaksanakan ritual adat Wulla Poddu yaitu Kampung Umbu Koba, Kecamatan Wewewa Selatan.
Wulla Poddu dilaksanakan diantara bulan Oktober dan November selama sebulan penuh. Dengan tujuan memanjatkan syukur dan terimakasih kepada sang pencipta untuk setahun yang telah berlalu dan untuk meramalkan hasil panen yang akan datang.

Akses menuju lokasi di Umbu Koba(Kec. Wewewa Selatan) dilalui dengan menempuh ± 20 km jalan beraspal kemudian dilanjutkan dengan perjalanan ± 2 km tanjakan melalui jalanan berbatu.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD