Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 04 Juni 2012

Tidak Semua Daerah Berpotensi Alam untuk Energi Alternatif

Menteri Riset dan Teknologi Gusti M Hatta
Dalam memenuhi kebutuhan energi nasional, Kementerian Riset dan Teknologi telah mendukung sepenuhnya pengembangan hasil riset para perekayasa dalam mengembangkan koversi energi baru dan terbarukan.

Hal itu dikemukakan Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta saat meresmikan demo plant Smart Micro grid untuk Integrasi Pembangkit Energi Terbarukan di Desa Billa Cenge Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, kemarin.

Teknologi smart grid buatan Pusat Teknologi Konservasi dan Konversi Energi BPPT berupa alat untuk menyeimbangkan distribusi listrik yang bersumber dari matahari, mini hidro dan diesel supaya tidak naik turun daya listriknya.

"Usaha yang dilakukan BPPT ini salah satu contohnya yang didukung Kementerian Ristek dan sesuai dengan Perpres Nomor 5 Tahun 2006 yang isinya target pemerintah mengoptimalkan energi primer mix pada 2025," jelasnya.

Selama ini penggunaan energi baru dan terbarukan seperti biomasa, tenaga surya, tenaga air skala kecil, maupun nuklir masih di bawah 5%. Dijelaskannya, kontribusi sumber energi terbarukan ditargetkanpada 2025 mencapai 17%.

Namun tidak semua daerah memiliki sumber energi baru dan terbarukan yang bisa dikembangkan menjadi energi listrik. LAPAN merupakan lembaga yang saat ini telah membuat peta potensi wilayah yang bisa mengembangkan energi baru dan terbarukan.



Sumber : mediaindonesia.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD