Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 04 Juni 2012

PLTS SUMBA: Mulai terintegrasi, tambah listrik PLN 20kV


Pembangkit listrik tenaga surya pertama yang terintegrasi dengan jaringan listrik PT PLN (Persero) hari ini resmi mulai beroperasi di pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.
Peresmian fasilitas bernama Smart Micro Grid Sumba tersebut dilakukan oleh Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta, Kepala BPPT Marzan Aziz Iskandar, Direktur Utama PLN Nur Pamudji dan Bupati Sumba Barat Daya Kornelius Kodi Mete.
 
Marzan menjelaskan Smart Micro Grid Sumba adalah upaya untuk mengintegrasikan energi terbarukan pada sistem kelistrikan Indonesia.

Dia menjelaskan PLTS dalam rangkaian Smart Micro Gris Sumba berdiri di lahan seluas 2 hektar adalah yang terbesar di Indonesia dan yang pertama kali terhubung dengan jaringan listrik milik PLN.

“Selama ini pengembangan PLTS baru sebatas pada peningkatan kapasitas, belum banyak yang mengembangkan aspek distribusinya,” katanya, Minggu 3 Juni 2012.

Marzan memaparkan teknologi yang digunakan pada proyek Smart Micro Grid Sumba adalah bentuk konvergensi kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam pengendalian dan operasi sistem distribusi tenaga listrik.

Smart Micro Grid Sumba menambah kapasitas jaringan listrik 20kV PLN di bagian barat Sumba yang selama ini ditopang oleh 2 pembangkit listrik tenaga diesel dan sebuah pembangkit listrik mikrohidro yang secara total berkapasitas 42,2 MW.

Rangkaian instalasi tersebut adalah proyek BPPT bernilai Rp44 miliar yang terdiri dari perangkat photovoltaic berkapasitas 500kW, perangkat penyimpanan listrik (storage) cerdas berkapasitas 500kWh/hari dan pusat kontrol jarak jauh (remote terminal unit) distribusi listrik jaringan PLN di bagian barat Sumba.

Pusat kontrol berfungsi memantau fluktuasi keluaran daya PLTS dan pasokan listrik dari sumber lain di bagian barat Sumba untuk memperhatankan kestabilan jaringan listrik PLN.

Adapun storage digunakan untuk menyimpan kelebihan listrik yang dihasilkan PLTS pada siang hari yang dapat digunakan untuk memasok kebutuhkan listrik pada malam hari.

Energi alternatif

Menristek mengatakan Smart Micro Grid di Sumba sejalan dengan rencana pemerintah untuk mewujudkan bauran sumber energi yang optimal pada 2025 sesuai Perpres no. 5/2006.

Nur Pamudji mengatakan BUMN tersebut terus berusaha meningkatkan sumber tenaga listrik alternatif.

Selain PLTS dan pembangkit listrik mikrohidro, PLN juga mendorong pengembangan
 

pembangkit listrik tenaga biomassa termasuk di daerah-daerah terpencil di seluruh Indonesia.

“Kami saat ini berusaha membangun pembangkit listrik biomassa yang membutuhkan lahan 80—100 hektare untuk memberi pasokan kayu yang berkelanjutan,” kata Nur. 



Sumber  : bisnis.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD