Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 05 Mei 2012

PLTS di SBD Terbesar di Indonesia


Anggota Komisi III DPR RI asal NTT, Herman Herry
PEMBANGKIT Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) sudah beroperasi dan kini kebutuhan masyarakat akan listrik sudah terlayani dengan baik. PLTS di kabupaten itu merupakan PLTS terbesar di Indonesia.

Pengoperasian PLTS tersebut, secara simbolik oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta, Sabtu (2/6). Proyek PLTS terbesar itu terealisasi di SBD, antara lain berkat perjuangan anggota Komisi III DPR RI asal NTT.


Anggota Komisi III DPR RI asal NTT, Herman Herry mengatakan, PLTS tersebut memiliki daya 0,5 mega watt yang pembangunannya menelan dana sekitar Rp 50 miliar.
“Ini merupakan bentuk perhatian wakil rakyat yang duduk di DPR RI untuk kepentingan daerah dan ini perlu kita syukuri. Ini bukan ceritra tetapi realita,” tegasnya.

Dia mengisahkan, program ini berawal dari pendekatan Bupati SBD, Kornelis Kodi Mete saat ke Jakarta tahun lalu. Saat itu Herman Herry menawarkan PLTS dan langsung diterima oleh Bupati Kornelis. Tawaran itu bertolak dari keprihatinan akan kondisi masyarakat yang kebanyakan menggunakan lampu dari minyak tanah.

Kabupaten Sumba Barat Daya, katanya, kaya akan potensi sumber daya alam. Salah satu potensi yang menonjol adalah potensi energi matahari, energi angin, air, dan biogas (kotoran ternak). Potensi tenaga surya itulah yang dijadikan sumber energi terbarukan untuk mengatasi kebutuhan listrik bagi masyarakat di daerah itu. Realisasinya saat ini adalah dibangunnya PLTS terbesar di SBD.
“Program Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk Kabupaten Sumba Barat Daya ini saya rencanakan ketika melakukan kampanye dan janji saya saat itu untuk pasang listrik ke desa-desa,” tuturnya.

Dikembangkan Bertahap

Potensi SBD lainnya, kata dia, akan dikembangkan secara bertahap untuk pencapaian kualitas hidup yang lebih layak bagi masyarakat SBD, bahkan Sumba secara keseluruhan.
“Untuk membangun Sumba Barat Daya, ke depan ini masih banyak program kerja yang dipikirkan seperti air di desa-desa. Sebab, di desa-desa masih memakai bak penampung, sehingga air yang ditampung lama kelamaam menimbulkan lumut. Ini yang akan kita perbaiki perlahan-lahan,” katanya.

Manusia, katanya, dikatakan merdeka apabila kebutuhan-kebutuhan vitalnya seperti air dan listrik terpenuhi.
“Saya saat kunjungan kerja ke desa-desa, masih banyak desa yang belum ada listrik, belum ada air. Saya prihatin terhadap orang-orang desa, sangat sedih sekali,” katanya.

Daud, warga  SBD yang dimintai komentarnya tentang beroperasinya PLTS di SBD itu, mengatakan masyarakat setempat senang karena kebutuhan listrik mereka terpenuhi. Puluhan tahun, katanya, masyarakat merindukan hadirnya penerangan listrik. Kini, berkat perjuangan wakil rakyat di DPR RI, masyarakat di pedesaan sudah bisa menikmati listrik pada malam hari.


Sumber :  victorynewsmedia
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD