Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 26 Mei 2012

91 Orang Calon TKI asal SBD Diamankan Aparat

Para calon TKW membawa serta bayinya
Sebanyak 91 orang calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Kamis (24/05) pagi, dibekuk dan diamankan aparat Polres Sumba Timur (Sumtim), NTT.
Mereka diamankan bersama perekrutnya karena sebagian besar diantarnaya tidak dapat menunjukan dokumen pendudukan dan ketenagakerjaan yang berlaku. Para calon TKI ini dengan mudah dibekuk aparat, karena sebelumnya mereka ketinggalan kapal motor (KM) Awu tujuan Surabaya. Aparat kemudian bertindak cepat setelah mendapatkan informasi dari masyarakat dan aparat KP3 Laut Pelabuhan Nusantara Waingapu.

Terdapat 5 orang perempuan, bahkan ada yang sedang membawa bayi dan balita yang masih menyusui diantara puluhan calon TKI ini. Hingga berita ini ditulis, aparat masih menahan dan melakukan pemeriksaan intensif kepada perekrutnya.

“Perekrutnya berinisial MT, dia mengaku berasal dari perusahan perkebunan Kelapa Sawit bernama PT AHL yang berkedudukan di Sampit, Kalimantan. Kita akan terus memeriksa yang bersangkutan. Karena sebagian besar dari mereka tidak memiliki dokumen atau bahkan KTP yang resmi berlaku. Dari ciri-ciri fisik para calon TKI ini ditenggarai ada yang masih dibawah umur. Kita masih terus dalami, dugaan adanya kaitan dengan sindikat pengerah tenaga kerja illegal,” jelas Kompol Nugroho A.S, Wakapolres Sumtim, kepada wartawan di Mapolres Kamis (24/05) kemarin siang.

[TKI Ilegal] Sejumlah calon TKI yang didominasi suku Kodi dan Wewewa, SBD ini, mengakui mereka tidak memiliki dokumen resmi. “Kami menyerah pak, kami memang tidak punya KTP. Kami hanya mau cari hidup. Yang minta kami kerja itu ada di dalam, dia bilang kami digaji 58.500 rupiah kerja setengah hari,” jelas salah seorang calon TKI diamini sejumlah rekannya. Mereka sepenuhnya tidak membayangkan akan diamankan aparat.

“Kami tidak bayangkan akan ditangkap polisi. Kami hanya pikir berangkat biasa saja. Apalagi kami dibilang akan dibawa ke Kalimantan lewat Surabaya. Saya baru pertama kali ini pergi, saya punya suami sudah kerja di sana dua bulan, saya mau ikut dia juga kerja di sana,” tutur lirih Emeliana, seorang ibu yang juga turut diamankan aparat bersama anak balitanya yang masih berusia sembilan bulan. 

Para Calon TKI saat diamankan di Polres Sumba Timur


Sumber : waingapu.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD