Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Selasa, 03 April 2012

PENYELUNDUPAN TKW ASAL SBD dan ST KEMBALI DIGAGALKAN

Upaya Penyelundupkan TKI Digagalkan Polres Pelabuhan Tanjung Perak

Calon TKW asal Sumba, NTT saat diamankan di Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya

SURABAYA – Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya akhirnya menggagalkan rencana penyelundupan empat orang perempuan yang akan dipekerjakan di Singapura secara ilegal.

Menurut Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, AKBP Anom Wibowo, dari empat tersebut, satu diantaranya masih berusia di bawah umur.

Keempatnya adalah, Ana Menja Mainanu (31), Margaretha Ina Camo (14), dan Albina Hona Buku (31) asal Desa Mala Lha dan Desa Maliihak, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT, dan Ina Day Duka (18) asal Desa Ngarukanoro, Kecamatan Umaluwu, kabupaten Sumba Timur, NTT.

AKBP Anom Wibowo mengatakan, mereka diamankan saat turun dari KM Awu milik PT Pelni yang merapat di Pelabuhan Tanjung Perak, Minggu (01/04) sekitar pukul 05.00 pagi.

“Saat itu, keempatnya bersama dua orang pendamping yang saat ini dijadikan tersangka yakni FHW (27) asal Sumba, NTT dan VRP (41) asal Kabupaten Sumbawa Barat, NTB” ujar Anom.

Saat diperiksa, lanjut mantan Kasat Reskrim Polrestatabes Surabaya ini, para pelaku tidak dapat menunjukkan dokumen-dokumen lengkap untuk pengiriman tenaga kerja.

Kini kedua tersangka kini ditahan di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak, dan diancam hukuman lima tahun penjara karena dianggap melanggar UU 39 tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri.

Sementara dari pengakuan para korban, mereka dijanjikan akan bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Singapura dengan gaji sekitar 4 juta jika rupiahkan. (Bs/jto)


Sumber : http://suarakawan.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD