Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 29 April 2012

Air dari Gua Hasilkan Listrik 1 MW

Direktur Operasi PLN Indonesia Timur, Vickner Sinaga kamis sore  (26/4) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Minihodro (PLTM) di Sumba Barat Daya. Seperti apakah pembangkit tenaga air itu?

Sebuah
mata air dengan debit 5 m3 perdetik, nampak keluar dengan derasnya dari sebuah gua di tebing gunung kawasan Lokomboro, Desa Warekelada, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Air terjun di ketinggian 270 meter dari permukaan laut itu, tak disia-siakan oleh PT PLN. PT PLN, Pusat Pemeliharaan Ketenaga Listrikan (Pusharlis), Bandung, membangun PLTM di sana.
Rabu kemarin, dua unit pembangkit berkapasitas 2x500 KW itu sudah masuk jaringan PLN, yang akan menerangi rumah-rumah warga di Sumba Barat maupun Sumba Barat Daya.

Di lereng gunung yang terjang itu, Pusharlis memasang pipa besar untuk menyalurkan air ke pembangkit. Dengan pipa berdiameter 1,55 meter dengan panjang 215 meter itulah yang digunakan menggerakkan turbin sehingga bisa menghasilkan tenaga listrik sebesar 2x500 KV.

Yang menarik, pembangkit listrik minihidro yang dipasang di Lokomboro ini semuanya hasil karya putra-putri terbaik bangsa. Hanya sepuluh persen yang dibeli dari luar. "Pembangkit yang kami bangun ini 90 persen hasil karya kami sendiri. Hanya sepuluh persen yang kami beli," tutur Budi Santoso, kepala Pusharlis.

Menandai beroperasinya dua unit pembangkit listrik itulah, kemarin Direktur Operasi PLN Indonesia Timur, Vickner Sinaga datang meresmikannya.
Karena proyek ini dibangun oleh PLN sendiri, pembangunannya hanya delapan bulan, dengan biaya sekira Rp 15 miliar.

 Untuk melihat kesiapan tersebut, wartawan koran ini Rabu (25/4) berkunjung ke sana. Lokasinya 42 km dari Bandara Tambolaka, Waingapu Barat.

Meski jaraknya tak begitu jauh, namun perjalanan ditempuh lebih dari satu jama. Maklum jalan yang dilalui banyak yang sudah rusak, akibat setiap saat dilalui puluhan truk pengangkut batu yang diambil tak jauh dari lokasi proyek.

Sepanjang jalan yang dilalui nampak pepohonan yang rimbun. Ada pohon kopi, coklat, salak, durian, kemiri maupun pohon tak berproduksi lainnya. Hamparan sawah penduduk, juga terlihat di sana. "Di sini buah-buahan juga banyak seperti durian, salak, rambutan, avokat dan lain-lainnya," cerita Deki, sopir yang membawa rombongan.

Di Sumba Barat, banyak terdapat mata air yang cukup besar yang bisa digunakan untuk pengairan.

 Karena airnya yang melimpah itu pulalah, PLN sedang membangun lagi dua unit pembangkit, berkapasitas 2x200 MW. Direncanakan pada Agustus nanti sudah bisa beroperasi. Pembangkit yang sedang dibangun ini, memanfaatkan air buangan dari PLTM unit dua dan tiga.




M NASARUDDIN ISMAIL
Timorexpress
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD