Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 16 Maret 2012

Semakin Sepi Minat Wisman Nonton Pasola

Sejauh mana Festival Pasola dapat menarik turis ke Sumba Barat? Menurut Remu Nusa Putra dari Sumba Travel yang biasa menangani wisatawan mancanegara untuk tur ke Sumba, kesulitan promosi Pasola adalah waktunya yang tentu.

"Kami agak susah promosikan Pasola, karena tanggalnya baru ada beberapa hari sebelum Pasola. Kami perlu tanggal minimal satu tahun sebelumnya," katanya kepada Kompas.com, Kamis (14/3/2012).

Menurut Remu, waktu satu tahun tersebut untuk memudahkan wisatawan mancanegara merancang perjalanan, terutama wisman asal Eropa yang menjadi pasar pariwisata Sumba Barat. Sebab, mereka biasanya merencanakan perjalanan wisata setahun sebelumnya.

"Tapi memang Pasola di bulan-bulan yang bukan musim berlibur bagi orang Eropa. Jadi bukan bulan kunjungan turis Eropa. Kalau Januari-Maret biasa sepi, mereka nggak bepergian," jelasnya.

Musim ramai turis, lanjutnya, adalah bulan Maret sampai Agustus. Hanya saja, ia mengakui terjadi penurunan turis Eropa ke Sumba Barat.

"Pasola tahun lalu lebih ramai dari pada tahun ini. Tapi dua tahun belakangan turis asing ke Sumba Barat sepanjang tahun menurun. Menurun mungkin karena krisis ekonomi," kata Remu.

Tetapi, lanjut Remu, memang ada peningkatan untuk kunjungan wisatawan domestik. Namun, biasanya wisatawan domestik jalan sendiri, tanpa menggunakan travel agent.

Hal senada diungkapkan Daniel, pemandu wisata yang biasa membawa turis saat Pasola berlangsung. Ia melihat ada kecenderungan makin bertambahnya wisatawan nusantara ke Sumba Barat, terutama saat Pasola. "Biasanya dari Jakarta, Surabaya, dan Denpasar. Ada juga dari Kupang," katanya.

Sebelumnya, Kabid Promosi Dinas Budaya dan Pariwisata Sumba Barat, Anisa Umar menuturkan biasanya 2 minggu sebelum Pasola, baru dapat tanggal pastinya.

Anisa menjelaskan penentuan Festival Pasola berdasarkan bulan serta melalui rapat para Rato (pendeta adat). Selain itu, lanjutnya, penentuan juga dengan cara melihat tumbuhan-tumbuhan tertentu yang berbunga pada saat menjelang Festival Pasola.

Festival Pasola merupakan festival tahunan yang dirayakan masyarakat Sumba Barat saat memulai masa tanam. Dalam perayaan ini, masing-masing kampung akan beradu ketangkasan dengan menunggang kuda sambil melempar lembing ke lawan sampai lawan berdarah.

Perayaan ini sebenarnya untuk menyambut masa panen dan memprediksi hasil panen. Semakin banyak darah peserta saat Pasola, masyarakat setempat percaya hal itu berarti hasil panen berlimpah. Tahun ini, Festival Pasola dirayakan pada 14 Maret 2012.

Di Sumba Barat, Pasola berlangsung tiga kecamatan yaitu Wanokaka, Lamboya, dan Gaura. Pagi hari sebelum Pasola, diadakan tradisi nyale. Sementara malam sebelumnya, ritual Pajura akan diselenggarakan di Tentena, Kecamatan Wanokaka.


Sumber : Kompas.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD