Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 21 Maret 2012

POTENSI PARIWISATA DI SBD OPTIMIS MENYAINGI BALI

Bupati Sumba Barat Daya,
dr. Kornelis K. Mete
Sumba yang dikenal kaya akan keindahan alam dan Budaya, salah satunya adalah budaya Pasola dan merupakan ritual adat peninggalan leluhur sejak dahulu kala. Acara ini boleh diikuti oleh siapa saja dengan bermodalkan keberanian dan ketangkasan dalam memacu kuda tunggangannya.

Bupati Sumba Barat Daya (SBD), Cornelius Kodi Mete mengatakan bahwa Pasola bukan saja merupakan perhelatan antara peserta pasola dalam mengadu ketangkasan tetapi juga merupakan penjiwaan akan nuansa kebersamaan antar sesama dan roh leluhur orang Sumba Barat Daya.

Pasola memang ada di Sumba tetapi tidak semua kabupaten di Sumba memiliki Pasola, Pasola hanya ada di Kabupaten Sumba Barat Daya dan Sumba Barat. Dengan demikian Pasola diharapkan agar terus terpilihara hingga anak cucu kita. Tutur Kodi Mete dalam acara pembukaan Festival Pasola Wainyapu-Kodi Balaghar.

Lebih lanjut Kodi Mete mengatakan bahwa Festival budaya juga diharapkan agar jangan menunggu waktu menjelang Pasola baru diadakan, festival budaya boleh diadakan kapan saja dengan maksud untuk menggali kemampuan generasi muda mengenal budaya sendiri, sehingga budaya orang Sumba tidak di telan waktu dan digilas oleh perubahan zaman modernitas.

“Potensi Pariwisata Sumba Barat Daya juga sangat menjanjikan dan diharapkan potensi ini berkontribusi bagi Sumba khususnya SBD dan diharapkan pula suatu saat SBD akan menyaingi Bali. Di Bali ada pantai KUTA kami di SBD ada Pantai KITA”. Ungkap Cornelius Kodi Mete.

Hal senada disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Frans Salem bahwa Sumba memang terkenal dengan upacara adat Pasola, namun Pasola itu hanya ada di Kabupaten Sumba Barat Daya dan Kabupaten Sumba Barat.

“SBD memang kaya Potensi, dengan kekayaan potensi ini bisa saja suatu saat nanti akan benar-benar menyaingi pulau Bali. SBD sudah memiliki Bandara Udara Tambolaka yang dapat didarati pesawat tipe Boing. Bandara udara Tambolaka merupakan Bandara terpanjang dan terluas kedua di NTT setelah Bandara Udara El Tari Kupang”. Tambah Frans Salem.

Dikatakan pula bahwa Panorama SBD sangat menarik dengan keindahan pantai berpasir putih bersih yaitu PANTAI KITA. Maka dengan kehadiran beberapa mentri dan organisasi Hivos dapat membantu kita membawa informasi tentang keindahan alam Sumba dan Budayanya. Tandas Sekda Provinsi NTT.

Dalam acara pembukaan Festival Budaya Pasola-Wainyapu itu turut dihadiri oleh para tamu dari kementrian ESDM dan Kementrian Kesehantan RI serta Organisasi Pemerintah Belanda (Hivos) dan juga Sekda Provinsi NTT.



Sumber : suryainside.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD