Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 18 Maret 2012

Limbah Pasar Hewan Menyengat Hidung

Ceceran serta aliran limbah yang bersumber dari pasar hewan di Jalan Tambolaka, Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur,  menyengat hidung.
Selain itu, keberadaan pasar yang berdampingan dengan pasar tradisional itu terasa mengganggu pemandangan, karena berlokasi di pusat kota, tepatnya di seberang jalan di depan Kantor BNI Tambolaka atau Hotel Sinar Tambolaka.

"Mungkin baik kalau keberadaan pasar itu, terutama pasar hewan, segera dibenahi atau dipindahkan ke tepi luar kota. Bau limbahnya sangat menusuk hidungm. Padahal Tambolaka adalah satu dari dua pintu masuk Sumba melalui penerbangan, selain Waingapu di Kabupaten Sumba Timur," tutur John, pejabat dari Kantor Gubernut NTT yang sedang bertugas di Sumba, Sabtu (17/3/2012) pagi.

Khusus pasar hewan di Tambolaka, berlangsung setiap Sabtu dan Rabu. Berbagai jenis hewan terjual di tempat itu, seperti kerbau, kuda, sapi, kambing dan babi. Waktu efektif pasar berlangsung sejak pagi hingga sekitar pukul 11.00 Wita.

"Hewan jualan kami, kalau belum laku dibawa pulang lagi ke rumah dan nanti kembali lagi jualan di sini pada hari pasar berikutnya," kata Darius Ngongo, ketika sedang berjualan dua ekor kerbau miliknya di pasar itu, Sabtu pagi.

Pedagang perantara asal Kecamatan Wewewa Barat  itu mengatakan, pernah mendengar lokasi pasar akan dipindahkan ke luar kota. "Saya dengar bangunannya sudah ada, namun kami belum tahu mengapa kegiatan pasar belun juga dipindahkan," tuturnya.

Ia setuju lokasi pasar segera dipindahkan, karena pasar yang sekarang dinilainya terlalu sempit dan lokasinya yang mengganggu kenyamanan serta kesibukan warga kota.

Sumber :Kompas
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD