Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 02 Maret 2012

Jika Masyarakat Mendukung, Saya Siap!


Markus Dairo Talu, SH (MDT)
Nama Markus Dairo Talu, SH sudah tidak asing bagi warga Sumba Barat Daya (SBD). Pria yang lebih akrab dipanggil MDT ini juga adalah ketua Ikatan keluarga Sumba (IKAS) Jakarta. MDT yang pernah berpasangan dengan Hermanus Holo pada pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) SBD pada tahun 2008 lalu namun gagal karna tersandung kelengkapan berkas, Menjelang Pilkada SBD 2013, namanya kembali disebut akan maju bertarung di panggung Pilkada SBD.
Berikut wawancara dengan MDT yang berhasil ditemui di kediamannya di Karakat, Wewewa Barat, Sumba Barat Daya .

Pak MDT, Bagaimana Anda melihat perkembangan Kabupaten SBD sekarang ini?.
Perkembangan SBD sudah sangat bagus, saya sebagai penggagas berdirinya SBD bersama teman-teman yang lain berbangga dengan adanya pemekaran ini. Banyak kemajuan, sudah banyak yang jadi pegawai. Seandainya kita belum mekar tidak mungkin SBD seperti ini dan itulah yang menjadi kebanggaan saya terhadap SBD.

Apakah menurut anda masih ada kekurangan?.
Kita baru pemekaran tidak mungkin langsung terpenuhi semua, yang ada sekarang ini kedepan tinggal kita tingkatkan saja. Soal ada yang kurang atau tidak tentunya yang mengetahui dan menikmati adalah masyarakat, yang saya lihat sejauh ini pemerintahan berjalan.

Benarkah anda akan maju lagi  pada pilkada SBD 2013?.
Yang berhak untuk menentukan itu masyarakat bukan saya, karna yang menentukan sikap adalah masyarakat. Saya teriak-teriak ingin maju tapi masyarakat tidak menghendaki kan sama saja, karna semua ini kemauan masyarakat. Kalau ada yang mengusulkan ya kita tunggu saja nanti tanggal mainnya.

Sejauh ini apakah sudah ada aspirasi masyarakat yang menginginkan anda untuk maju lagi?.
Sejauh ini belum ada, soalnya kan pemilihan Bupati masih lama masih setahun lebih. kalaupun ada yang membicarakan nama saya dikalangan masyarakat itu adalah hak masyarakat tapi sampai sekarang belum ada yang datang menyampaikan langsung pada saya.

Jika ada aspirasi yang kuat dari masyarakat di SBD  yang menginginkan anda maju lagi bagaimana tanggapan bapak?.
Kalo soal itu kita lihat dulu masyarakat itu serius atau tidak, kita harus dengar dulu kepastian dari masyarakat. Kalo serius kita bicara dulu apa alasannya serius, kan bgitu.

Anda sendiri secara pribadi ada tidak keinginan untuk maju?.
Setiap manusia pasti ada keinginan untuk maju dan untuk berbuat bagi masyarakat, kita punya kewajiban. Jika Tuhan mengijinkan dan didukung dan dipercaya oleh masyarakat kenapa tidak? saya siap. seperti pemilihan tahun 2008 lalu masyarakat menginginkan saya maju tapi Tuhan belum mengijinkan. Kita jangan kecewa, jangan sakit hati karna ada satu saat yang indah yang akan Tuhan berikan dalam hidup ini. Intinya terus berbuat untuk masyarakat, jangan tunggu jadi Bupati dan Wakil Bupati baru mulai berbuat.

Apa yang menjadi fokus bapak jika seandainya bapak maju membawa aspirasi masyarakat ini?.
Kita kembali bertanya, apa keinginan masyarakat sehingga mau mekar? itulah yang menjadi dasarnya. Kita mau mekar tujuannya untuk sejahtera kan? nah sekarang masyarakat sudah merasa sejahtera belum? Kita lihat realitanya kita masih berharap beras miskin (raskin), kalau sejahtera tidak harap beras murah lagi kan? dan masyarakat tidak perlu antri berjam-jam untuk mendapatkan satu kilo beras.

Menurut anda bagaimana caranya?.
Kembali tujuan utama bahwa kita mau sejahtera, jangan kita hanya liat infrastruktur seperti Jalan, dan lain-lain. Bukan dengan sekarang ada jalan trus kita bisa sejahtera, bukan itu! yang pasti siapapun Bupatinya, anda atau saya ya..harus bangun jalan itu. Tolak ukurnya adalah bagaimana masyarakat bisa sejahtera sesuai dengan cita-cita kita mau mekar dari kabupaten induk Sumba Barat. Intinya pelayanan harus lebih dekat dengan masyarakat.

Bukankah kalo infrastruktur baik punya dampak positif juga ke masyarakat dalam hal pelayanan masyarakat?.
Betul, tapi apakah tujuan utamanya untuk sejahtera tercapai?

SBD kan belum lama mekar, tentu butuh proses menuju sejahtera. Pemerintahan sekarang kan baru masuk tahun ke 4?.
Memang butuh waktu tapi tergantung punya hati tidak? semua itu kembali ke hati dan juga adil tidak? intinya disitu. contohnya, Jika sebagai ayah kita punya 2 anak dan setiap pulang kerja hanya membawa permen atau oleh-oleh buat si bungsu yang disayang sedang si sulung tidak, bagaimana rasanya menjadi si sulung? oleh sebab itu harus adil.

Bagaimana anda mempersiapkan diri menghadapi calon lainnya nanti?.
Yang pasti setiap orang punya hak untuk mencalonkan diri, tetapi yang penting apa yang sudah kita perbuat dan bagaimana kita menarik simpati dari masyarakat karna masyarakat sekarang sudah cerdas. Siapa yang punya hati lebih besar pasti akan mendapat simpati masyarakat. jadi tidak masalah berapa pun calon yang akan maju.
Contohnya pada pemilihan yang lalu ada tujuh paket. Enam paket lain dinyatakan lolos tapi saya tidak lolos. Sebagai penggagas tingkat pusat saya harus ikut menjaga bayi yang baru lahir (Kab. SBD -red) lewat perjuangan panjang ini. Oleh sebab itu saya tidak boleh mementingkan ego pribadi, saya harus tentukan sikap dari 6 paket yang lolos saya harus memilih salah satu sesuai dengan hati nurani saya dan waktu itu saya pilih dr. Nelis. Sama juga masyarakat yang nanti akan menentukan sikapnya untuk memilih calon yang tepat untuk memimpin SBD kedepan walaupun banyak calon yang maju.
 
Kalo ada calon yang kuat yang harus anda hadapi?.
Kalau mau maju harus buktikan!. kita harus lawan orang yang kuat kalau lemah buat apa dilawan?. Jangan melawan orang yang lemah, kasihan dong masa orang sudah tidak mampu dilawan. Lawanlah orang yang kuat disitulah kita buktikan siapa yang lebih kuat.

Program apa yang akan diandalkan jika anda nantinya dipercaya masyarakat untuk memimpin SBD?.
Yang pasti ada, dan tentunya yang berhak bicara itu Bupati. Sektor apa saja yang di unggulkan itu menjadi hak Bupati dan Wakil Bupati karna itu program kerjanya, sekarang saya belum jadi Bupati. Nanti tunggulah saatnya saya jadi Bupati saya akan buktikan. Kalau sekarang sebagai masyarakat ya..saya ikut dulu program yang ada karna saya masih masyarakat. (snd)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD