Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 02 Maret 2012

Hasil Polling, 65, 4 % Persen Tidak Setuju Nama Mananga Aba Diganti

Prasasti dikawasan pantai kita
Sumber foto  : group fb SBD

Sejak Kawasan Pantai Mananga Aba diremikan menjadi bagian dari pantai kita yang yang peletakan batu pertamanya dilakukan tanggal 10 Oktober 2010, berbagai tanggapan muncul dari berbagai kalangan masyarakat salah satunya lewat situs jejaring sosial facebook (fb).

Lewat  group fb Sumba Barat Daya, Pantai managa aba yang memiliki bentangan garis pantai sepanjang 10 km dan terdiri dari pasir putih dengan air lautnya yang jernih ini  seketika menjadi sorotan karna pergantian namanya. Beberapa masrayakat menyampaikan kekecewaannya dengan pengantian nama ini, seperti Martinus Bobo Mila yang menyampaikan lewat postingannya, “secara pribadi saya sangat tidak setuju karena nama mananga aba adalah nama yang diberikan oleh para pendahulu kita dan akan terus menjadi nama yang unik dan indah bagi orang sumba..kalo diganti itu namanya penghilangan sejarah dan kita secara tidak langsung sudah tidak menghargai budaya lokal”. Hal senada juga di posting Yosef Djakababa yang mengatakan “tidak setuju diganti namanya, nama pantai mananga amba harus terus dilestarikan”.

“ada apa di balik pergantian nama ?, pemberian nama kala itu tentu ada cerita yang harus di lanjutkan oleh generasi sekarang bukan malah di hilangkan.” Posting Herlina Dangga Dewa yang mempertanyakan tentang penggantian nama pantai Managa Aba
Tidak semua masyarakat kontra dengan pengantian nama Mananga Aba menjadi pantai kita. Jefri Paul Natara misalnya yang memposting komentarnya “Pantai  ‘Kita’, harus dimaknai sebagai manfaat yang dapat ‘kita’ nikmati bersama. Sementara itu Eman Dapa Loka menunjukan kenetralannya dengan komentar Ribut-ribut soal ganti nama, kalau Mananga Aba diterjemahkan apa ya artinya? atau apa pesan di balik nama ini? Kata pepatah ‘Nomen est Omen’, nama menunjuk orangnya", posting Eman.
Postingan komentar diatas merupakan sebagian kecil dari anggota yang ada di group facebook SBD. Menyingkapi hal ini Moripanet Online membuat polling untuk mengetahui bagaimana reaksi msyarakat dengan pengantian nama Managa Aba menjadi bagian dari pantai kita lewat pertanyaan, “Setujukah anda pantai managa aba diganti menjadi pantai kita?” ddalam polling tersebut diberikan 4 pilihan Setuju, tidak setuju, bingung dan no comment.
 Polling yang dibuka 16 Agustus 2011, ditutup pada tanggal 31 Februari 2012. Hasilnya dari 850 voters, 65.04% menyatakan tidak setuju sedangakan 28.46% menyatakan setuju dengan pengantian nama mananga aba.  Sementara yang menyatakan bingung dan no comment atau tidak berkomentar masing-masing 3.25%.
Hasil Polling Moripanet Online
Aloysius Purwa, MBA Pengusaha Bali yang serius mengelola kawasan pantai ini, lewat situsnya www.sumbabaratdaya.com, Aloysius menuliskan bahwa Sampai dengan 2 tahun lalu, Pantai Kita di Sumba Barat Daya terdiri dari Pantai Oro, Pantai Manangaaba, Pantai Karuni dan Pantai Letekonda yang total panjangnya sekitar 8 Km. Menurut ceritera orang Sumba “Pantai” adalah Pamali, sebuah daerah yang berbahaya dan tidak disukai mereka. Bagaimanapun indahnya sebuah pantai karena alam, memerlukan orang orang yang visioner, berpengalaman dan mempunyai dana untuk merobahnya menjadi sebuah tempat yang menarik dan menyenangkan. Pantai Kita ini akan tetap sebagai pantai tempat galian C selamanya yang tidak indah bila tidak mendapat sentuhan pemikiran dan penanganan professional pengalaman. 
Pantai Mananga Aba /Pantai Kita
Lewat situs tersebut, Aloysius menunjukan keseriusannya untuk memperkenalkan pantai kita menjadi salah satu tujuan wisata. Mengenai nama pantai kita, Aloysius juga menuliskan dalam situsnya bahwa  “Pantai Kita” sebuah nama yang disetujui oleh seluruh masyarakat setempat sebagai nama tambahan terhadap Oro – Managaaba – Karuni dan Letekonda. “Pantai Kita” sangat gampang, sederhana dan mudah diingat, disamping memberikan kesan ramah tamah friendly kepada siapapun yang mengucapkannya. Bisa dipakai sebagai Tag line dalam promosi. (snd)
Berita terkait Mananga Aba atau Pantai Kita

Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD