Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 15 Maret 2012

Dua Tahun Ini Mente Tidak Berbuah

Jambu Mente
Para petani jambu mente di Kabupaten Sumba Barat Daya, Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, resah karena  dua tahun terakhir ini tanaman itu tidak berbuah.

Hal itu disampaikan sejumlah petani di kawasan Kodi, Rabu (14/3/2012) petang. Mereka adalah Bora Gau (63), Lukas Lenggawelo (58), dan Andreas Kale Tabe (54) di Desa Kalembuka, serta Thomas Mene (62) di Kampung Bondomune, Desa Leteloko.

"Kami tidak tahu apa penyebabnya, namun sudah dua tahun ini jambu mente di kawasan ini tidak ada buahnya. Kalau tidak ada perubahan, mungkin pohon pohonnya akan ditebang," keluh Bora Gau.

Keluarga Bora Gau memiliki kebun jambu mente seluas satu hektar, yang hingga dua tahun lalu masih mampu menghasilkan sekitar 1 ton mete gelondongan.

Belakangan hasil panenan itu lenyap begitu saja. Padahal harga di desa kini Rp 10.000 per kilogram, dua kali lipat dari harga dua tahun lalu.

Berbagai pihak menduga, salah satu penyebab mente tidak lagi berbuah adalah karena tanaman sudah melampaui usia produktifnya.

Pemerintah Kabupaten SBD bersama mitra investor, sejak tahun lalu sedang mengenalkan budidaya tanaman tebu di kawasan itu.

Bora Gau, Lukas Lenggawelo, dan sejumlah petani lainnya mengisyaratkan siap bertani tebu, jika tanaman itu cocok di daerahnya. Itu berarti, niat menebang jambu mente akan segera terlaksana.

Kawasan Kodi sejak lama dikenal sebagai sentra utama jambu mente Kabupaten Sumba Barat Daya di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.



Sumber: Kompas.com
Sumber foto : KOMPAS/KORNELIS KEWA AMA
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD