Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 16 Maret 2012

DUA KSATRIA PASOLA WAINYAPU KODI DILARIKAN KE RUMAH SAKIT

Foto oleh Yadi Beleko
Pelipus salah satu ksatria yang terluka dalam Pasola Wainyapu
Saat berada di Rumah Sakit Karitas Weetabula, SBD
Atraksi Budaya Pasola terakhir untuk tahun 2012 yang  berlangsung di Wainyapu Kecamatan Kodi Blaghar, Sumba Barat Daya (SBD) 16 maret 2012 berakhir dengan dua ksatria Pasola yang dilarikan rumah sakit.

Pelipus dan Marru yang merupakan pemain pasola ini dilarikan ke rumah sakit karena terkena lembing yang di lempar oleh lawan dalam permainan Pasola. Pasola kali ini berhadapan Kubu Kodi besar melawan KodI Bangedo. Pelipus dan Marru sendiri adalah lawan dalam Pasola Wainyapu.

Setelah terkena lemparan lembing, Pelipus dan Marru yang terluka cukup parah di bagian kepala langsung dilarikan ke puskesmas Walandimu yang merupakan puskesmas terdekat dari tempat Pasola berlangsung. Namun karena luka Bocor yang cukup besar dibagian kepala, pihak puskesmas langsung merujuk Pelipus dan Marru ke rumah sakit karitas Weetabula untuk mendapatkan perawatan intensif.

Foto oleh Yadi Beleko
Luka Robek di Kepala Pelipus yang terluka dalam Pasola Wainyapu

Pelipus setelah mendapatkan perawatan intesif dan jahitan di kepala langsung sadarkan diri sedangkan Marru hingga sore tadi belum sadarkan diri.

Para Ksatria pasola  memang harus siap terluka atau bahkan tewas dalam pertandingan ini.  Dalam kepercayaan adat untuK Pasola, korban luka atau mati dalam n pertanding pasola adalah pahlawan. Darah yang tumpah dalam arena Pasola dipercaya akan membawa kesuburan . Karena itu, tak ada sanksi hukum bagi yang terluka atau atau tewas dalam Pasola. (yb)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD