Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 21 Maret 2012

DATARAN RENDAH SBD POTENSIAL KELAPA, TEBU, KAPAS DAN TEMBAKAU

Jambu mente bukan lagi yang dulu merupakan tanaman perkebunan unggulan petani, karena saat ini permintaan mente dari luar sudah tak ada lagi serta usia mente yang tidak mendukung lagi dalam memberi kontribusi perbaikan taraf hidup masyarakat.

Saat dikonfirmasi Kepala Dinas Perkebunan Sumba Barat Daya, Ir. Jhon Oktavianus, M.M, mengatakan bahwa Petani perkebunan di dataran rendah Sumba Barat Daya (SBD) kini mulai beralih sebagai petani kebun Tebu, Kapas dan Tembakau serta Kelapa. “Petani bukan lagi mengidolakan Jambu Mente”. Tandasnya saat dikunjungi wartawan media ini diruang kerjanya, Rabu (14/3/2012).

Petani dataran rendah saat ini, lanjut Kadis Perkebunan mulai berminat untuk lebih memelihara Kelapa karena Kelapa banyak manfaatnya sekalipun tidak ada investor yang siap teken MoU, sedangkan Tebu sudah ada siap menyediakan benih dan membangun perusahaan serta akan merekrut tenaga kerja dari Putra-putri SBD.

Hanya saja pihak investor untuk Tebu saat ini masih mencari tahu luas wilayah perkebunan, wilayah perkebunan Tebu yang dibutuhkan untuk Perusahaan Mini adalah 7000 Ha sedangkan perusahaan skala standar adalah 15.000 Ha.

“Kapas dan Tembakau sedang digalakkan karena menjanjikan keuntungan dan sangat cocok dengan daerah kita khususnya daerah rendah seperti wilayah Kodi secara keseluruhan dan daerah Laura, Wejewa Selatan, Wejewa Timur, serta Wejawa Utara bagian utara”. Jelas Jhon Oktavianus, namun sekarang tambahnya, yang menjadi masalah bagi perkebunan kita adalah air, kita kurang kreatif menyediakan air, harusnya perlu terinspirasi dengan daerah lain yang membuat Embung untuk mengairi perkebunan kita.

Selanjutnya ketersediaan benih Tembakau dan Kapas yang sangat minim, kita juga sedang berusaha untuk memenuhi kebutuhan benih, dan untuk saat ini benih yang tersedia dan telah terealisasi di petani perkebunan baru mencapai 30%. Pungkas Jhon Oktavianus.

Dirinya juga mengakui hal ini sebagai kekurangan yang menjadi kekuatan sebagai daerah baru dan memiliki skala prioritas yaitu pembangunan sarana dan prasarana jalan, Penataan Ekonomi dan pendapatan masyarakat serta penataan Birokrasi pemerintahan di SBD. Tandas Kadis Perkebunan SBD, Jhon Oktavianus. 


Sumber : suryainside.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD