Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 17 Februari 2012

Ribuan Penonton Padati Pasola Kodi

Ksatria Pasola bersiap melempar lembing ke arah lawan di Pasola Rara Winyo Kodi -SBD
Pelaksanaan Pasola Kodi Rara Winyo kamis 16/02/2012 berlangsung dengan aman dan tertib. sejak pagi penonton dari berbagai tempat mulai berdatangan di lapangan tempat berlangsungnya Pasola. Arus lalulintas pun macet ke arah berlangsungnya pasola.

Panasnya matahari tidak menyurutkan niat para penonton untuk mendekati lapangan menyaksikan "perang-perangan" budaya tradisional yang hanya ada di sumba.

Ekspresi lewat sorakan penoonton ikut menyemarakkan pelaksanaan pasola khususnya ketika lembing yang di lempar mengenai sasaran lawan. banyak juga ksatria pasola yang jatuh dari kuda akibat terkena lembing lawan.

Dany salah satu penonton yang khusus datang dari Surabaya mengatakan Pasola ini tradisi unik dan menarik hal itulah yang membuatnya datang ke sumba karna tidak ingin melewatkannya. sayangnya menurut Deni banyak hal yang belum tertata dengan baik misalnya tidak semua peserta dan petugas menggunakan pakaian adat asli. " ada banyak yang pake kaos dan jeans nggak pake ikat kepala trus ada juga petugas yang mungut lembing yang nggak pake kain apalagi merokok dilapangan" ujarnya

Danny berharap pelaksanaan pasola kedepan lebih tertata lagi dan dijaga keasliannya serta adanya bagian informasi tempat dimana para penonton khususnya dari luar sumba untuk bisa memahami budaya pasola ini.

Pasola kali ini disaksikan langsung Bupati SBD Dr Konelis Mete. Wakapolda NTT Kombes Pol Edy Hariyanto, serta Muspida dan pimpinan SKPD Sumba Barat Daya. (snd)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD