Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 01 Desember 2011

Polisi Mesti Serius Ungkap Pembunuhan


Penegakan hukum secara profesional dan serius sebetulnya bisa mengatasi kasus-kasus kekerasan dan tindak kejahatan yang terjadi di masyarakat. Aparat kepolisian diharapkan serius memroses para pelaku guna meredam tindak kejahatan dan aksi kriminal.


Harapan ini dikemukakan Camat Loura, Sumba Barat Daya, Drs. Lukas Ngongo Gaddi, di ruang kerjanya, Selasa (29/11/2011). Lukas mengatakan itu setelah melihat dan mencermati kasus-kasus kekerasan dan pembunuhan yang sangat sering terjadi di beberapa tempat di SBD.


Sejak dua pekan lalu, Lukas siaga penuh di lapangan menyusul ketegangan yang terjadi di antara dua kelompok warganya di Desa Lete Konda. Ketegangan itu nyaris berlanjut pada perang tanding akibat perseteruan lama.
Sebelumnya, Kepala Desa Lete Konda, Yohanes Ama Koni, dibunuh pada 12 Maret 2011. Sejauh ini kasus tersebut masih dalam penyelidikan pihak kepolisian.


Lukas Gaddi mengatakan, kasus-kasus kekerasan bahkan pembunuhan bisa diredam jika ada kepastian hukum. Kepastian hukum itu, jelas Lukas, artinya pada pihak yang bersalah karena terlibat dalam suatu aksi kekerasan diproses menurut aturan hukum yang berlaku. “Jika tidak ada kepastian hukum, warga juga merasa tidak adil,” kata Lukas.


Dia melihat penegakan hukum cenderung lemah diterapkan sehingga dalam banyak kasus kekerasan dan tindak kriminal para pelaku jarang ditemukan dan diproses hukum. Dia berharap aparat keamanan bisa bertindak cepat, profesional dan serius sehingga semua mereka yang terlibat dalam kasus kriminal mendapat hukuman yang setimpal.

“Harapan kita jelas, yakni agar aparat kepolisian lebih profesional dan serius mengungkap kasus-kasus kriminal di sini. Kalau tidak ada pelaku yang ditangkap, kasus-kasus ini akan mengundang dendam pihak korban.

Begitu seterusnya, sehingga sulit sekali mencegahnya. Kuncinya adalah keseriusan dan profesionalisme polisi mengungkap setiap kasus kriminal sehingga ada kepastian hukum bagi keluarga korban. Jika tidak akan muncul dendam dari keluarga korban,” jelas mantan Kabag Humas Setda SBD yang dilantik menjadi Camat Loura 19 Oktober 2011 ini.

Sumber : Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD