Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 28 Desember 2011

PENGUKUHAN PENGURUS IKAS KUPANG : GUBERNUR POTONG KERBAU, WALIKOTA KUPANG TIKAM BABI

Walikota kupang saat menikam babi adat (Kiri) dan Gubernur NTT saat akan memotong kerbau adat (Kanan) dalam acara pengukuhan badan pengurus IKAS Kupang di Arena Pameran Fatululi Kupang (28/11/2011)

Kupang, MO ------- Pengukuhan badan pengurus baru Ikatan Keluarga Asal Sumba (IKAS) Kupang masa bakti 2011  - 2016 sekaligus Natal bersama warga sumba se-Kota Kupang di Arena Pameran Fatululi Kupang Rabu (27/12/2011) berlangsung dengan nuansa sumba yang kental.

Ke’de dari warga sumba dari empat Kabupaten yang terbagi dalam rayon berdasarkan 6 kecamatan di kota kupang dengan menggotong babi diiringi pekikan payawou dan Pakalaka masuk dengan tarian dan di terima oleh Panitia selaku tuan rumah mengawali seluruh rangkaian acara.

Tarian Kataga Putra dan Putri dari sumba Tengah yang tergabung dalam sanggar Pasola menyambut kedatangan Gubernur dan Wakil Gubernur beserta Muspida di Arena Fatululi dan pengalungan kain oleh Ketua IKAS terpilih Prof. Ir Frans Umbu Data, M. App.Sc.,Ph.D.

Meskipun sempat diguyur hujan deras namun acara berlangsung dengan lancar, Lantunan syair adat dengan bahasa daerah Kodi menjadi pembuka acara pengukukan badan pengurus IKAS masa bakti 2011 – 2016. Gubernur NTT, DRS Frans Lebu Raya dan Walikota Kupang, Drs Daniel Adoe Selaku Pelindung Kemudian sebelum menandatangani berita acara didaulat untuk menyembelih hewan adat. Walikota Kupang Menikam babi dan Gubernur NTT memotong kerbau.

Dalam sambutannya Gubernur NTT berharap agar IKAS kupang tidak menjadi paguyuban yang ekskusif dan primordial namun sesungguhnya untuk menggalang kebersamaan supaya Sumba menunjukan jati dirinya bersama-sama dengan komponen masyarakat lain di daerah ini untuk Membangun daerah ini lebih maju.

Sementara itu Ketua IKAS Kupang terpilih dalam sambutannya mengatakan bawah kehadiran IKAS sebagai wahana ekspresi nilai-nilai budaya dan kearifan lokal serta kekayaan intelektual Sumba yang sangat luhur dan bernilai tinggi yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari budaya nasional yang patut dipelihara dan dijaga sebagai identitas bangsa Indonesia ditengah-tengah arus Gobalisasi multi dimensi sehingga tidak dihanyutkan oleh tawaran nilai-nilai baru yang tidak sesuai dengan akar budaya yang di jaga leluhur turun temurun


Hadir dalam acara pengukukan pengurus IKAS ini, Gubernur NTT Frans Lebu Raya, Wakil Gubernur Esthon Foenay, Ketua DPRD Prop.NTT, Mel Adoe, Walikota Kupang Daniel Adoe, Wakil Bupati Sumba Tengah Umbu Dondu, Wakil Bupati Sumba Barat Daya Jacobus Malo Bulu serta undangan lainnya baik dari SKPD Propinsi & Kota kupang, OKP maupun Perwakilan dari berbagai agama. (snd)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD